Baznas Jabar Gelar Program Bedah Rumah Di Kota Cirebon
E satu.com (Crb) - Sebanyak 4 rumah tidak layak huni (rutilahu) di Kota Cirebon mendapatkan bantuan dari Baznas Jawa Barat. Pemerintah daerah (Pemda) Kota Cirebon mengapresiasi karena sangat membantu program mereka.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi, M.Si., usai Lauching Kerjasama Bedah Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) Baznas Provinsi Jabar yang dilaksanakan Baznas Kota Cirebon, menyambut baik kegiatan bedah rutilahu tersebut.

“Atas nama Pemda Kota Cirebon, kami sangat apresiasi kegiatan tersebut,” ungkap Asep.

Karena kegiatan tersebut akan mengurangi jumlah rutilahu yang ada di Kota Cirebon. Keterbatasan dana yang dimiliki Pemda Kota Cirebon membuat mereka membutuhkan berbagai sumber pendanaan lainnya untuk melakukan perbaikan rutilahu rumah warganya.

Termasuk sumber pendanaan dari Baznas baik Provinsi Jawa Barat maupun Kota Cirebon.

Asep juga berharap, agar sumber pendanaan Baznas terus bertambah. Sehingga sasaran bedah rutilahu di Kota Cirebon bisa lebih banyak lagi.

Sementara itu Ketua Baznas Jawa Barat, Arif Ramdani, MH., mengungkapkan jika Baznas Jawa Barat wilayah kerjanya membawahi seluruh kota dan kabupaten di Jawa Barat. Karenanya, saat ada Baznas di daerah yang tidak mampu untuk melakukan suatu program, pihaknya akan turun tangan.

“Termasuk bedah rutilahu di Kota Cirebon ini,” ungkap Arif.

Baznas Jabar Gelar Program Bedah Rumah Di Kota Cirebon
Masing-masing rumah mendapatkan dana sebesar Rp 10 juta untuk melakukan perbaikan. Syaratnya, rumah tersebut sangat mendesak untuk diperbaiki dan hampir roboh.

Ada pun kriteria penerima bedah rutilahu, lanjut Arif, yang termasuk dari golongan yang berhak menerima zakat. Bisa fakir, bisa miskin, terlilit hutang dan lainnya.

“Karena kami mengelola zakat, infaq dan shodaqoh. Sehingga penerimanya harus sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan,” ungkap Arif.

Selain bedah rutilahu, dana dari Baznas juga digunakan untuk kegiatan lainnya seperti beasiswa kepada anak dari keluarga tidak mampu, bidang kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan sejumlah program lainnya.

Ino Martiano, warga Jalan Yos Sudarso Cangkol Utara sebagai penerima bantuan mengaku sangat terbantu dengan dana dari Baznas tersebut.

“Rumah saya nyaris roboh akibat terjangan hujan besar disertai angin puting beliung beberapa waktu lalu,” kata Ino.

Selanjutnya Ino berharap, akan lebih banyak lagi warga yang juga mendapatkan manfaat dari pengelolaan dana Baznas karena dirinya juga sudah merasakan manfaatnya.

Ada pun penerima dana bedah rutilahu di Kota Cirebon dari Baznas Provinsi Jawa Barat 2019 ini sebanyak 4 orang. Masing-masing, Dodi Hidayat, warga Kelurahan Sunyarangi, Darsoni, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Lemahwungkuk, Ino Martiano, warga Jalan Yos Sudarso Kelurahan Lemahwungkuk serta Mumu Haeriyah, warga Jembar Agung C41 Kelurahan Karyamulya.
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top