E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salah satunya adalah, bantuan BUMdes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih di Kabupaten Cirebon. BUMdes Mart ini, merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa, dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa. Bupati

 Kabupaten Cirebon Pemerintah Kabupaten Cirebon terus berupaya untuk meningkatkan perekonomian di desa. Salah satunya adalah, bantuan BUMdes Mart, yang diberikan kepada empat desa terpilih di Kabupaten Cirebon.

BUMdes Mart ini, merupakan salah satu bentuk upaya Pemerintah Kabupaten Cirebon dengan dukungan Bank BJB, untuk bisa memfasilitasi desa, dalam menampung produk masyarakat dan meningkatkan perekonomian desa.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengatakan, bahwa hanya empat desa yang terpilih mendapatkan bantuan dari 412 desa yang ada di Kabupaten Cirebon.

“Untuk tahun ini, ada empat desa yang difasilitasi Bumdes Mart, yaitu Desa Bobos, Desa Jatipancur, Desa Kebon Turi dan Desa Hulubanteng,” kata Imron, Kamis (26 /11/2020).

Ada beberapa kriteria yang membuat empat desa tersebut terpilih sehingga mendapatkan bantuan Bumdes Mart, yaitu ketaatan terhadap pembayaran pajak selama dua tahun terakhir, ketaatan administrasi, kepengurusn BUMDes dan kelayakan usaha BUMDes.

Usaha yang dilakukan dalam BUMDes ini, bukan hanya berkutat pada penjualan barang pokok dan produk milik masyarakat saja, namun juga melayani sejumlah pembayaran lainnya, seperti pajak.

” BUMDes ini juga melayani transaksi non tunai,” ujar Imron.

Imron berharap, desa yang mendapatkan bantuan BUMDes tersebut bisa menjalankan kegiatannya dengan profesional serta bisa menjaga kualitas dari produk yang dijualnya. Sehingga nantinya, BUMDes ini bisa bersaing juga dengan mini market yang sudah profesional.

” Harus profesional, kualitas terjamin dan harga standar,” kata Imron.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: