E satu.com (Jakarta) - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, pimpin Upacara Puncak Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Kepolisian Perairan dan Udara (Korpolairud) ke-70, yang digelar secara virtual, Selasa, 1 Desember 2020.

Kapolri Jenderal Pol Idham Azis memimpin upacara ini dari kediaman dinasnya di Jakarta, dan didampingi oleh As SDM Kapolri, As Rena Kapolri, Kadivhumas Polri, dan Kadivpropam Polri.

Upacara virtual ini juga diikuti oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy Pramono, Irwasum Polri Komjen Pol Agung Budi Maryoto, Kabaharkam Polri Komjen Pol Agus Andrianto, Kakorpolairud Baharkam Polri Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca (yang sedang bertugas di Papua), sejumlah Pejabat Utama Polri lainnya, para Pejabat Utama Korpolairud Baharkam Polri, para mantan Kakorpolairud, Dirpolair, dan Dirpoludara, para senior dan purnawirawan Polairud Polri, serta para Perwira, Bintara, Tamtama, dan ASN jajaran Korpolairud.

"Selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, dengan rasa bangga, saya mengucapkan Selamat Ulang Tahun ke-70 kepada seluruh keluarga besar Korps Kepolisian Perairan dan Udara di mana pun berada. Dalam momentum yang penuh dengan kehormatan ini, marilah kita mengucapkan terima kasih serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para senior pendahulu kita, yang telah mengorbankan tenaga, pikiran, bahkan jiwa dan raga, sehingga Kepolisian Perairan dan Udara mampu berkembang dan mencapai kemajuan yang signifikan seperti saat ini," ungkap Jenderal Pol Idham Azis dalam amanatnya.

Pada kesempatan ini, Kapolri memberikan apresiasi atas beberapa capaian jajaran Korpolairud selama 2020, antara lain peningkatan pelayanan publik dan peningkatan ekonomi masyarakat di wilayah pesisir dan kepulauan berupa penanaman bibit mangrove dan tebar benih ikan, yang hasilnya dapat dirasakan oleh masyarakat sekitar, terlebih di tengah situasi pandemi COVID-19. 

"Jajaran Korps Polairud juga telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana di laut sebanyak 617 kasus dan menyelamatkan keuangan negara dengan nilai total kurang lebih 256 miliar rupiah," kata Jenderal Pol Idham Azis.

Selain itu, Korpolairud juga telah berhasil mendapat tambahan alat utama berupa 2 unit kapal patroli dan 11 unit helikopter jenis AW. "Dengan penambahan tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kinerja jajaran Polairud guna mendukung Harkamtibmas, penegakan hukum, serta mengamankan kegiatan agenda nasional," harap Kapolri.

Dalam menghadapi agenda nasional ke depan, yaitu Pilkada Serentak 2020, Kapolri meminta jajaran Polairud mendukung pengamanan dalam pendistribusian kotak suara dan pergeseran pasukan di wilayah kepulauan yang tidak dapat dijangkau oleh transportasi darat. "Saya perintahkan untuk melaksanakan pengamanan dengan Profesional serta senantiasa menjaga netralitas," tegasnya.

Tak lupa, Jenderal Pol Idham Azis mengingatkan prediksi datangnya musim penghuja di bulan Desember ini. Untuk menghadapinya, ia meminta jajaran Korpolairud menyiapkan SDM dan Sarpras dalam mengantisipasi terjadinya bencana banjir, tanah longsor, maupun kecelakaan laut melalui upaya _quick response_ dan tanggap darurat bencana alam.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Kapolri memberikan penekanan kepada seluruh personel Korpolairud Polri yang harus dipedomani dan dilaksanakan, yaitu:

1. Tingkatkan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan YME serta niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah dengan tetap mempedomani nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya;

2. Tingkatkan kebanggaan sebagai anggota Korps Polairud, tekan perilaku menyimpang, budaya koruptif, dan penyalahgunaan wewenang yang dapat merusak citra Polri;

3. Mantapkan soliditas internal dan perkuat sinergisitas dengan personel TNI di semua tingkatan, baik dalam pelaksanaan tugas maupun kehidupan sehari-hari;

4. Tingkatkan kualitas dan kuantitas kemitraan khususnya dengan masyarakat pesisir dan kepulauan, dalam rangka menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang, selama, dan pasca Pilkada serentak tahun 2020; dan

5. Jadilah teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penularan COVID-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat.

Puncak Peringatan HUT Korpolairud ke-70 ini juga dirangkaikan dengan peresmian dua armada baru Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri, yakni Kapal Polisi (KP) Bharata-8004 dan KP Sanjaya-7017. Peresmian kedua kapal ini dipimpin oleh Kabaharkam Polri, Komjen Pol Agus Andrianto, di Mako Korpolairud Baharkam Polri Tanjung Priok, Jakarta.

Kedua kapal tersebut bersumber dari Pengadaan Dalam Negeri (PDN) tahun anggaran 2017 yang dibangun oleh PT Daya Radar Utama. KP Sanjaya memiliki panjang 55 meter dan lebar 8,2 m, dikomandani oleh Kompol Sherly Anggraini SST, M.Han. KP Bharata memiliki panjang 63 m dan lebar 8,2 m, dikomandani oleh Kompol Ronaldo Manurung STT, MM.(red)

Post A Comment:

0 comments: