E satu.com (Cirebon)
-  Pada tahun sekarang umat Buddha merayakan malam pergantian tahun baru Imlek 2572 dirayakan umat Buddha kini hanya bisa berharap untuk bisa merefleksikan perayaan seperti biasanya, pada tahun 2021 sekarang mereka harus bisa menyesuaikan keadaan dengan kondisi pandemi covid-19.

Perayaan yang sebelumnya mempunyai kenikmatan sendiri ketika beribadah di vihara kini hanya bisa dirayakan di masing-masing rumah, hal ini banyak dirasakan oleh umat Buddha yang biasa datang untuk merayakan di Kelenteng Tiao Kak Sie atau biasa dikenal Vihara Dewi Welas Asih Jl. Kantor Pos No. 2 Kota Cirebon

Adapun bagi mereka yang bertempat tinggal di sekitar Vihara atau di wilayah Kota Cirebon tetap bisa beribadah di Vihara dengan memperhatikan Protokol Kesehatan. "Kita bisa melaksanakan ritual ibadah dengan tertib dan pengumuman yang ketat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, perbedaan yang ada sebelum pandemi biasanya kita mengadakan perayaan ritual sampai pagi, di tahun sekarang kita dibatasi hanya sampai jam 10 malam untuk beribadah, jadi terasa sekali perbedaannya, tetapi hal itu kita memaklumi untuk tidak terjadi penyebaran yang lebih luas" Pungkas Romo Junawi, Jumat (12-02-2021)

Ketentuan yang memang sedang dilakukan oleh pemerintah juga memang tidak lain untuk kebaikan masyarakat itu sendiri dan dukungan itu juga yang diberikan oleh Agama Buddha dalam merayakan imlek di tahun 2021.

Harapan besar juga dari umat Buddha untuk pandemi ini segera berakhir dan bisa merayakannya lagi seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana momen pertemuan bersama keluarga dan sebagai ajang pertemuan umat Buddha dari berbagai daerah, karena Vihara Dewi Welas Asih biasa dikunjungi umat dari berbagai daerah melihat geografi Kota Cirebon sebagai Kota Perlintasan dan sejarah Vihara itu sendiri. (mlk)

Post A Comment:

0 comments: