AKB


E satu.com (Cirebon)
- Desa Dukupuntang Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon mendeklarasikan Open Defecation Free ( ODF ) atau stop Buang Air Besar Sembarangan ( BABS ) yang digelar diaula kantor balai desa Dukupuntang.

Program ODF merupakan arahan dari pemerintah kabupaten Cirebon termasuk dalam hal ini Dinas Kesehatan kabupaten Cirebon melalui Puskesmas Dukupuntang serta perwakilan warga baik RW, LPMD dan para kader termasuk PKK didesa Dukupuntang " mudah mudahan dengan adanya program ODF ini khususnya desa Dukupuntang tidak ada lagi yang membuang air besar sembarangan dan tidak ada lagi pencemaran lingkungan," ujar Kuwu H. Eno Sutrisno.

Kuwu desa Dukupuntang H. Eno Sutrisno mengatakan siap mempertahankan dan meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat bersama seluruh unsur dan elemen serta masyarakat yang ada dilingkungan wilayah desa Dukupuntang untuk mewujudkan desa Dukupuntang sehat, katanya pada Awak Media E satu com.

” Seluruh warga desa Dukupuntang hampir semua sudah memiliki akses jamban sehat, kami siap mewujudkan desa Dukupuntang sebagai desa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) dengan pencapaian empat pilar yaitu cuci tangan memakai sabun, pengelolaan air minum dan makanan rumah tangga, pengelolaan sampah rumah tangga dan pengelolaan limbah cair rumah tangga ” tegasnya.

Kami pemerintah desa Dukupuntang berterima kasih kepada perangkat desa, BPD, LPMD, TP. PKK, Rw, Rt, tokoh masyarakat, tokoh agama serta masyarakat dilingkungan wilayah desa Dukupuntang yang telah mendukung penuh program ODF ” sudah banyak program program soal kesehatan, kebersihan dan prilaku masyarakat yang sudah kami laksanakan didesa Dukupuntang termasuk salah satunya mendukung lingkungan bersih khususnya soal jamban ” ungkapnya.

Lanjutnya untuk kondisi jamban sehat didesa Dukupuntang saat ini sudah hampir mendekati 100 persen dengan ketentuan program ODF "  harapan saya kedepan sebagai kuwu desa Dukupuntang warga masyarakat dilingkungan wilayah desa Dukupuntang bisa meningkatkan kesehatan dan bisa disiplin lagi dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat," ucapnya.

Kesadaran dan prilaku masyarakat sangatlah penting dan saya nilai selama ini warga masyarakat dilingkungan wilayah desa Dukupuntang, saya nilai sudah bagus dan sudah ada peningkatannya terutama dalam hal meningkatkan pola hidup dengan berprilaku hidup bersih dan sehat, pungkasnya Kuwu desa Dukupuntang H. Eno Sutrisno.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: