AKB


E satu.com (Cirebon)
- Puskesmas Dukupuntang Kabupaten Cirebon melakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) menuju desa Open Defecation Free ( ODF ) yaitu bebas buang air besar sembarangan untuk desa Dukupuntang dan desa Balad Kecamatan Dukupuntang Kabupaten Cirebon bertempat diaula balai desa Dukupuntang.

Ditemui Juru Wartawan E Satu Com, disela sela kegiatan, menurut Kepala Puskesmas Dukupuntang Kabupaten Cirebon dr. Teti Srinurliyawati sudah ada tiga desa dilingkungan wilayah kerja puskesmas Dukupuntang yang melakukan deklarasi dan penandatanganan komitmen bersama Sanitasi Total Berbasis Masyarakat ( STBM ) menuju desa Open Defecation Free ( ODF ) bebas buang air besar sembarangan ” 85 persen warganya sudah mempunyai jamban sehat sehingga kalau sudah mencapai 85 persen harus dideklarasikan ODF, Alhamdulillah desa dilingkungan wilayah kerja puskesmas Dukupuntang yakni desa Bobos, desa Dukupuntang dan desa Balad, oleh karenanya kami pihak puskesmas Dukupuntang akan terus berusaha untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat termasuk untuk desa lainnya yang belum ODF demi terciptanya masyarakat dilingkungan wilayah kecamatan Dukupuntang bebas buang air besar sembarangan ” jelasnya.

Untuk mendeklarasikan ODF ini ada lima pilar sanitasi total berbasis masyarakat salah satunya adalah stop buang air besar sembarangan, saya berharap semoga setelah deklarasi ODF didesa Dukupuntang dan desa Balad ini kemudian dapat diikuti oleh desa desa lainnya khususnya yang ada dilingkungan wilayah kerja puskesmas Dukupuntang ” ini harus tuntas agar dapat merubah prilaku masyarakat untuk menuju desa dengan kesehatan masyarakat yang optimal dengan berbasis masyarakat ” tegasnya.

Kegiatan ini dihadiri Camat Dukupuntang Dindin Wahyudin Ridwan, S. Sos, Kepala Puskesmas Dukupuntang dr. Teti Srinurliyawati, Kapolsek Dukupuntang, Danramil, Kuwu desa Dukupuntang H. Eno Sutrisno, Kuwu desa Balad Supriatin, BPD, LPMD, TP.PKK, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, RW dan RT serta tamu undangan lainnya.

Didalam kegiatan ini kami membacakan deklarasi ODF yang oleh seluruh peserta yang hadir sebagai tanda telah dilaksanakan deklarasi ODF khususnya untuk desa Dukupuntang dan desa Balad ” ini bertujuan untuk mendukung dan memberikan motivasi kepada masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan ( BABS ) serta meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan lingkungan ” ujar dr. Teti Srinurliyawati.


Deklarasi ODF merupakan pernyataan desa tersebut bahwa telah bebas dari prilaku buang air besar sembarangan diberbagai tempat, mudah mudahan dengan adanya kegiatan deklarasi ODF dan penandatanganan komitmen bersama, semua lapisan masyarakat mengedukasi supaya membuang air besar dijamban yang ada dirumah masing masing ” dengan tidak membuang air besar sembarangan maka dapat mengurangi dan mencegah stunting serta dapat meningkatkan prilaku hidup bersih dan sehat, masyarakat harus menjadi patriot hidup sehat ” ungkapnya.

Saya harapkan dengan adanya deklarasi ODF ini sebagai pemicu bagi masyarakat desa yang lainnya yang belum ODF untuk segera ODF, pinta Kepala Puskesmas Dukupuntang dr. Teti Srinurliyawati diakhir pertemuannya dengan Awak Media E satu com.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: