E satu.com (Cirebon)
- Tradisi Grebeg Syawal di tengah pandemi Covid-19, tempat wisata religi makam sunan gunung jati di Desa Astana Kecamatan Gunung jati, kabupaten Cirebon sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan religi penziarah.

Termasuk objek wisata religi makam kramat kanjeng syekh Maulana Dzatul Kahfi masih sekitar wilayah religi ziarah makam sunan gunung jati.

Para pengunjung sebelum ziarah  do'a dan Tawassul terlebih dulu diperiksa suhu tubuhnya, jika normal maka dipersilahkan lanjut. Mereka pun diwajibkan untuk memakai masker, mencuci tangan dan jaga jarak.

Umumnya penziarah berdo'a dan Tawassul yang di pimpin oleh Juru Kuncen Gunung jati makam kramat syekh Maulana Dzatul Kahfi dalam hal ini kang Nasir sebagai juru Do'anya, ucap rasa syukur kepada Allah SWT atas rahmat dan karunianya setelah berpuasa sebulan penuh dalam masa pandemi Covid-19 dengan harapan semoga wabah Covid-19 cepat sirna, kata kuncen kang Nasir.

Kang Nasir menjelaskan, Kepada Awak Media E satu.com, kamis (20/5/21) pihaknya menerapkan protokol kesehatan bagi pengunjung yang akan berwisata religi ziarah disaat Grebeg Syawal 2021.

" Kami selalu mengingatkan kepada pengunjung untuk selalu menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan, saat ziarah religi ke makam kramat syekh Maulana Dzatul Kahfi dan makam sunan gunung jati ini, jelasnya.

Dari para pemandu, pedagang yang bertugas juga selalu memakai masker dan menjaga jarak dengan para pengunjung, sesuai anjuran pemerintah, terangnya.

Sementara tingkat kunjungan pengunjung religi ziarah di saat Grebeg Syawal 2021, mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya.

" Ada peningkatan Pengunjung tapi tidak banyak, karena masih dalam kondisi pandemi. Mereka pengunjung pun sudah mulai patuh terhadap protokol kesehatan," tutup kuncen kang Nasir diakhir pertemuannya dengan Juru wartawan E satu.com.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: