E satu.com (Indramayu)
- Musyawarah Cabang (Muscab) XII Gerakan Pramuka, Kwartir Cabang Indramayu tahun 2021 secara resmi memilih Erwin Purnama, SE sebagai Ketua Kwartir Cabang  Indramayu periode 2021 - 2026, pada perhelatan Muscab Kwarcab Pramuka di Aula Bjb Cabang Indramayu, Sabtu,(5/6/2021).

Pelaksanaan Muscab secara virtual tersebut, Erwin Purnama, SE, terpilih secara aklamasi berkat dukungan penuh dari 31 Pengurus Kwartir Ranting (Kwaran) se-Kabupaten Indramayu yang disampaikan dalam Pleno ke - 3 Muscab Kwarcab disampaikan Pimpinan Sidang Muscab, Warnita. 

Wakil Ketua Bina Organisasi dan Hukum Kwarda Pramuka Propinsi Jawa Barat, Engkus Sutisna, mengatakan, pelaksanaan Muscab Kwarcab 12 Cabang Indramayu digelar dan terpenuhi atas restu Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabincab) Kabupaten Indramayu dalam hal ini Bupati Indramayu, Nina Agustina. Kendati masa kepengurusan Kwarcab Pramuka Indramayu belum berakhir hanya menunggu waktu. Namun desakan untuk segera terbentuk kepengurusan baru semakin kuat hingga terselenggara acara Muscab tersebut. 

"Makanya saya datang ke Indramayu dalam rangka melakukan legalisasi pelaksanaan Muscab Kwarcab 12 Indramayu," tuturnya. 

Menurutnya, agenda penting dalam pelaksanaan Muscab tersebut adalah melaksanakan evaluasi kepengurusan melalui pengampaian laporan pertanggungjawaban, menyusun kepengurusan sesuai AD/ART dengan memilih ketua secara demokratis dan memilih tim Formatur guna menyusun kepengurusan, memilih Lembaga Pemeriksa Keuangan serta menyusun program kerja.

"Program kerja untuk kepengurusan Kwarcab Pramuka Cabang Indramayu nanti harus menyesuaikan dengan kondisi terkini," terangnya. 

Sementara itu, Ketua Kwartir Cabang Indramayu Terpilih, Erwin Purnama, menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mengikuti Muscab Kwarcab Pramuka ke12 secara demokratis. Namun demikian amanah yang diterima saat ini untuk memimpin gerakan pramuka di Kabupaten Indramayu bukan hanya sekedar revitalisasi kepengurusan, tetapi lebih pada bagaimana menempatkan Gerakan Pramuka dengan berbagai potensi yang dimiliki akan dapat diwujudkan dalam mendukung Visi Indramayu Bermartabat. 

Menurutnya, sebagaimana yang disampaikan Mabincab, Bupati Nina Agustina, bahwa tantangan yang dihadapi Kabupaten Indramayu saat ini adalah tingginya angka putus sekolah, kurangnya lapangan pekerjaan, maraknya tindakan kriminalitas yang melibatkan generasi muda, rendahnya rasa hormat kaum muda terhadap guru, rubahnya gaya hidup yang menjurus pada prilaku tidak sehat, serta meningkatnya pergaulan bebas yang menyebabkan kehamilan dini tentu sangat memprihatinkan.

Maka, kata Erwin, menghadapi tantangan tersebut, gerakan pramuka harus dapat berperan aktif dan hadir dalam membina generasi muda yang kuat, semangat, ulet, inovatif serta mampu menghadapi kondisi globalisasi dan kemajuan teknologi.

"Sebagai lembaga non formal, Gerakan Pramuka harus hadir dan menjadi bagian dari upaya guna mendidik karakter diri pemuda yang sudah sangat memprihatinkan kita semua, karena geresi muda saat ini sudah kurang peduli terhadap masalah - masalah wawasan kebangsaan, cinta terhadap tanah air serta kesediaan untuk membela negara tampak masih rendah,"katanya dalam sambutan perdana melalui Zoom Meeting. 

Sementara itu, dalam rapat Pleno Muscab tersebut terpilih Lima Tim Formatur yang bertugas untuk menyusun kepengurusan Krarcab Pramuka Cabang Indramayu periode 2021 - 2026 dengan komposisi Ketua Formatur, Erwin Purnama, Anggota Formatur, Baman mewakili Kwaran, Anggota Formatur Surnata mewakili Kwaran, Anggota Formatur Mabrur mewakili Andalan Cabang Lama dan 
Anggota Formatur mewakili Mabincab, Jahirin.(iwan)

Post A Comment:

0 comments: