E satu.com (Cirebon) - Peringatan Lahirnya Pancasila yang digelar Laskar Macan Ali dan forum Lingkungan hidup dalam sebuah refleksi dan silturahmi yang dihadiri dari semua elemen dan para tokoh lintas agama dan masyarakat, yang digelar secara sederhana di halaman markas besar macan ali kasepuhan, ( 30/06/21) malam.

Lima tahun lalu, tepatnya tahun 2016, pada masa priode pertama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menetapkan tanggal 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016.

Penetapan tersebut merupakan suatu hal yang sangat penting dan bernilai strategis bagi bangsa Indonesia, sebagai salah satu upaya untuk mengarusutamakan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara melalui refleksi yang bersifat tahunan.

Seluruh tokoh dan elemen masyarakat ini termasuk mantan Wali Kota Cirebon Subardi SPd ikut berpartisipasi menghadiri refleksi hari panca sila, yang bertepatan 1 Juni besok. 


Panglima tinggi LMA Kota Cirebon Prabu Diaz menilai, masih banyak perbedaan pendapat tentang hari lahirnya Pancasila. Tapi menurutnya, Pancasila senjata bangsa Indonesi dalam mempersatukan seluruh suku, bahasa dan agama menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

"Bagi kami Pancasila sebua ideologi yang tidak bisa tergantikan dan buat kami adalah sebua perisai dan senjata untuk kita menjaga NKRI. Maka menurut saya pancasila tidak bisa diperdebatkan lagi,"kata Prabu Diaz ditengah kegiatan.

Pria yang akrab disapa Mamo ini, merasa miris sekali, sebab pendidikan pancasila di setiap sekolah  di Kota Cirebon entah itu dari semua tingkatakan masih sangat meminim bahkan tidak ada sama sekali. Sehingga banyak anak-anak muda yang tak hafal dengan pancasila.

"Jangankan paham, anak-anak sekolah hari ini tidak hafal dengan pancasila, kami berharap semua komponen dan bangsa ini perlu menghidupkan kembali pendidikan pancasila di setiap sekolah,"ujar Mamo

Sementara, ditempat yang sama, mantan Wali Kota Cirebon dua periode Subari SPd menegaskan, Pancasila sebagai produk bangsa Indonesia yang patut harus dijaga dan tidak dapat dirubah 

"Pancasila bukan lah bentuk falsafah yang bentuknya dari bangsa luar. Tapi pancasila adalah produk kebangsaan milik Indonesia kita jangan malu dengan mengakui pancasila,"kata Subardi.

Menurutnya, pancasila nilai luhur budaya banga Indonesia yang sudah melekat sejak dulu, yang sudah diterapkan oleh para pendahulu bangsa ini.

"Untuk itu, kami sebagai penerus para pendahulu bangsa ini, harus menjada dan merawat marwah dari Pancasila, karena itu tadi Pancasila adalah Nilai luhur budaya bangsa Indonesia, dan inilah yang  harus di jiwai oleh masyarakat kota Cirebon untuk dapat hidup rukun dan damai dalam bingkai Pancasila"tegas Subardi

Tokoh pemerhati kebangsaan Petrus menambahkan, sebagai produk negara, Pancasila sudah final, Justru harus dijaga para penerus bangsa ini.

"Sebagai penerus bangsa, kita harus menjaga pancasila untuk kepentingan bersama. Jadi tidak perlu dipersoalkan lagi, dan diberdabatkan lagi, Pancasila sudah final dan Pancasila NKRI harga mati," Pungkasnya ( Pgh).

Post A Comment:

0 comments: