BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) - OCI (Oemah Cherbon Inklusi) Cirebon, Jawa barat. Dibentuk pada sekitar tiga tahun yang lalu secara swadaya dan semangat teman2 di Cirebon, ada ibu Siti (ketua OCI) yang  dulu sengaja datang ke DSM (Difabel Slawi Mandiri) Tegal jawa tengah, beniat baik untuk melihat tentunya mengikuti kegiatan seharian bersama DSM belajar secara langsung di lapangan dan pulang dari Tegal, ditindak lanjuti dengan membentuk kelompok atau organisasi bernama OCI. 


Meski bukan organisasi by project akan tetapi dengan sumber daya yang ada dan semampunya itu bisa berbuat  serta berdampak dengan pergerakannya. Berkolaborasi dengan lembaga lain, strategi berjejaring dengan program baik dari pemerintah maupun swasta. Menebar praktik baik dari beberapa pencapaian tiga tahun terakhir ini, kendala hambatan dan tantangan tentu juga ada di internal - eksternal atau dinamika organisasi itu adalah suatu pembelajaran.

Semangat adanya kemauan untuk belajar terus menerus, seperti halnya yang di lakukan selama dua hari sabtu-minggu (11-12 maret 2023) ini jauh dari cirebon ada enam orang (ibu siti, pak Husin, Bambang, Syahroni, mas Mi' roz dan Raksa) dengan bermotor berkunjung ke Tegal bermaksud tujuan silaturahmi, belajar di DSM saling sharing untuk berbagi cerita dan menguatkan.


Anggota dan pengurus OCI terdiri dari ragam disabilitas, termasuk OYPMK ( orang yang pernah mengalami kusta) serta non disabilitas yang mempunyai kepedulian, jiwa sosialnya tinggi. Sekretariatan berada di desa Trusmi kecamatan Plered kabupaten Cirebon, dengan visi misi mewujudkan masyarakat inklusi untuk memperjuangkan hak, kesetaraan, kesejahteraan, kemandirian dan mengangkat harkat martabat difabel. Dari awal pembentukan juga ada Bapake Sunarman sukamto dari PPRBM solo yang bekerja di KSP jakarta, sebagai pembina. Meski OCI masih seperti anak kemarin sore dan punya banyak keterbatasannya namun OCI tetap semangat, OCI bergerak tanpa batas dan harapan tak boleh mati. Membangun kabupaten Cirebon untuk menuju Indonesia inklusif. (uki) 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top