BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Indramayu) -
Progres dan realisasi Program Unggulan Desa Kabeh Terang (De-Kat) di Kabupaten Indramayu terus dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Saat ini sebanyak 3.247 lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) berhasil terpasang di berbagai wilayah di Kabupaten Indramayu.

Berdasarkan data dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Indramayu dari total 3.247 PJU tersebut merupakan hasil realisasi sejak program unggulan diluncurkan tahun 2021 hingga 2023 ini.

Pada tahun 2021, PJU yang terpasang sebanyak 153 PJU, kemudian pada tahun 2022 mengalami peningkatan signifikan mencapai 1.109 PJU, dan pada tahun 2023 mencapai 1.985 PJU.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Indramayu, Yudi Rustomo melalui Kepala Bidang Prasarana Yudi Krisnawan mengatakan, pada tahun 2021 pengadaan PJU masih murni dilakukan oleh desa dengan menggunakan Dana Desa (DD). Namun mulai tahun 2022 program De-Kat sudah terlaksana dengan baik karena sinergitas pemerintah desa bersama Dinas Perhubungan dengan menganggarkan melalui APBD.

Yudi menambahkan, semakin banyak terpasangnya PJU di berbagai desa ini diharapkan dapat meminimalisir angka kejahatan dan kecelakaan yang diakibatkan oleh kurangnya penerangan jalan.

"Kita terus melakukan progres pemasangan PJU untuk mendukung program De-Kat ini dengan melakukan koordinasi bersama pemerintah desa," kata Yudi, Senin (18/03/2024) di ruang kerjanya.

Sementara itu Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina mengatakan, program unggulan Desa Kabeh Terang (De-Kat) mampu mengubah suasana desa menjadi lebih terang dan semarak bila dibandingkan waktu sebelumnya.

Terangnya suasana desa ini diharapkan meningkatkan mobilitas warga ketika malam hari dan yang terpenting mengurangi kerawanan sosial serta meminimalisir kecelakaan karena situasi jalan yang gelap.

"Alhamdulillah Desa Kabeh Terang ini sudah mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, mari terus bersinergi agar program-program pemerintah yang dijalankan bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. PJU yang sudah terpasang ini mari sama-sama kita agar bisa bertahan lama," tegas Nina.

Sementara itu warga Desa Tegalgirang Kecamatan Bangodua, Suparman mengatakan, dengan adanya program De-Kat ini ruas jalan Tegalgirang - Karanggetas sudah lebih terang dibandingkan dengan waktu dahulu.

"Kalau jalan malam sekarang sudah tidak takut lagi, karena sudah terang benderang. Terima kasih Bupati Indramayu Ibu Nina Agustina programnya sangat bermanfaat sekali," kata Suparman. (Iwan)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top