E satu.com (Indramayu)
- Dalam rangka menyukseskan Kejar Paket (Ja-ket) yang merupakan salah satu Program Unggulan Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Indramayu menyelenggarakan pendidikan Kelompok Belajar (Kejar) Paket C secara gratis bagi masyarakat Kabupaten Indramayu.

Dikbud telah menyelenggarakan Ujian Pendidikan Kesetaraan ( UPK) Kejar Paket C bagi masyarakat Indramayu melalui lembaga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Indramayu. Tercatat sejumlah 80 PKBM yang telah turut menyelenggarakan ujian  Kejar Paket C.

Pada Senin hingga Jum’at (21-25 Maret 2022) telah diselenggarakan UPK Kejar Paket C yang setara Sekolah Menengah Atas (SMA) pada tahun pelajaran 2021/2022. Sejumlah 3.200 peserta mengikuti ujian ini di tempat mereka belajar pada PKBM di wilayahnya masing-masing.

Ujian yang dilakukan secara tertulis ini dilakukan tidak dalam waktu yang bersamaan. Menyesuaikan dengan kebijakan dari masing-masing PBKM. Ada yang dilaksanakan pagi hari dan ada pula yang dilaksanakan sore hari. Para peserta yang berhak mengikuti ujian adalah warga belajar yang sudah mengikuti pendidikan selama tiga tahun.

Setelah mengikuti ujian, kepada peserta yang dinyatakan lulus akan memperoleh ijazah Paket C yang setara dengan ijazah SMA.  ijazah ini dapat digunakan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (kuliah) atau dipergunakan sebagai salah satu pelengkap persyaratan memperoleh pekerjaan.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Indramayu H.  Caridin, S.Pd, M.Si menyatakan kegembiraannya atas dilaksanakannya ujian Kejar Paket C ini. Hal ini dikarenakan jumlah peserta ujian tahun pelajaran 2021/2022 meningkat. 

“Saya selaku Plt. Kepala Dinas sangat bergembira karena peserta ujian tahun ini jumlahnya meningkat. Alhamdulilah program Ja-Ket yang dicanangkan oleh Ibu Bupati Indramayu melalui 10 Program Unggulan bisa membantu masyarakat memberikan layanan melalui pendidikan non formal.” ujar Caridin kepada Diskominfo Indramayu ketika dihubungi melalui telepon selularnya Sabtu, 26/3/2022.


Caridin juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina Da’i Bachtiar yang telah meluncurkan program Ja-Ket yang tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat Indramayu. Dengan semakin banyak warga Indramayu yang memperoleh pendidikan setingkat SMA, tentunya akan dapat meningkatkan IPM Kabupaten Indramayu dari sektor pendidikan.

“Terima kasih kepada Ibu Bupati yang telah begitu peduli terhadap pendidikan masyarakat Indramayu. Insya Allah bisa meningkatkan angka rata-rata lama sekolah di Kabupaten Indramayu. Dan dengan meningkatnya IPM, semoga cita-cita Indramayu Bermartabat dapat segera terwujud,” pungkas Caridin. (Iwan)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top