E satu.com (Cirebon)
- Kelompok Usaha Bersama (KUB) Harapan Desa Luwung Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon mendapatkan bantuan ternak sapi dari Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Cirebon.

Bantuan diserahkan pada Kamis (17/12/2020) setelah sebelumnya kelompok ternak ini mendapat bimbingan dan pelatihan ternak sapi selama seminggu.

Kadinsos melalui Kabid Penanganan Fakir Miskin, Gunarsa, kepada E satu.com mengungkapkan, pemberian bantuan tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan warga miskin di tengah pandemi covid-19.

Juga sebagai upaya meningkatkan taraf hidup masyarakat miskin yang ada di Desa Luwung Pemberian bantuan ini berawal adanya pengajuan dari Kelompok Usaha Bersama (KUB), yang kemudian ditindaklanjuti oleh Dinas Sosial Kabupaten Cirebon.

“Ajuan ini kemudian kita tindaklanjuti, tapi sebelum dilakukan pemberian bantuan, KUB  ini kita lakukan pelatihan cara beternak sapi dahulu, setelah seminggu pemberian materi pelatihan, baru kita berikan bantuan secara simbolik 4 ekor sapi betina yang siap bunting,” ungkapnya.

Dijelaskan Gunarsa, pemberian bantuan ini tidak langsung dilepas begitu saja, namun ada pendampingan dari dokter hewan yang sudah bekerja sama dengan Dinsos.

Ketika dalam perjalannya nanti menemukan kendala, bisa melakukan komunikasi dengan dokter hewan dari Distanbunakhut Kabupaten Cirebon.

Pihaknya akan memantau perkembangannya nanti kedepan bila bantuan ini bisa berkembang bisa jadi akan ditambah lagi bantuan tersebut.

“Kami sampaikan juga kepada Kuwu Desa Lwung untuk memonitoring bantuan ternak sapi ini apakah sudah sesuai apa belum, setiap perkembangannya agar dilaporkan kepada Dinsos,” harap Gunarsa.

Sementara ketua KUB Harapan berlokasi di Desa Luwung yang mendapat bantuan, Tarwid , menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Dinsos Kabupaten Cirebon yang telah merealisasikan permohonannya.

Dirinya berupaya agar bantuan sapi tersebut bisa dikembangbiakkan sehingga semakin lebih banyak, agar nantinya setiap anggota yang berjumlah 6 orang tersebut bisa mendapatkan satu ekor sapi yang sama-sama untuk dikembangkan lagi.

“Mudah-mudahan bantuan ini bisa berjalan sesuai harapan, sehingga bisa mengangkat kesejahteraan anggota kelompok,” harapnya (uki)

Post A Comment:

0 comments: