BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com  (Cirebon)
- Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Cirebon, sudah menyalurkan bantuan sebesar Rp 19 Milyar pada tahun ini. Bantuan tersebut, diterima oleh lebih dari 81ribu warga.

Bupati Cirebon Drs H Imron, M.Ag mengucapkan terima kasih kepada Baznas Kabupaten Cirebon. Karena menurut Imron, Baznas sangat membantu dan mendukung terlaksananya program pemerintah kabupaten.

“Kalau tidak ada BAZ, kami cukup kewalahan,” ujar Imron di Pendopo Bupati Cirebon, Sabtu 26 Desember 2020.

Dalam jangka waktu satu tahun ini, BAZNAS Kabupaten Cirebon, sudah mendistribusikan bantuan sebesar Rp 19 Milyar. Bantuan tersebut, diterima oleh 81ribu lebih warga Kabupaten Cirebon.

Imron menuturkan, berdasarkan data dari Dinas Sosial, terdapat 9.500 Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) di Kabupaten Cirebon, yang perlu mendapatkan bantuan.

Melaui program dari BAZNAS Kabupaten Cirebon inilah, ratusan Rutilahu di Kabupaten Cirebon sudah berhasil diperbaiki.

Ia mengungkapkan, bahwa untuk mendapatkan bantuan dari anggaran pemerintah, harus melalui proses yang cukup berliku. Untuk bisa mendapatkan bantuan tahun sekarang, maka harus diusulkan pada bulan Januari sampai Agustus pada tahun sebelumnya.

“Kalau diajukannya Oktober – Desember, anggarannya baru bisa didapatkan dua tahun kemudian,” kata Imron.

Sehingga, dukungan dari BAZNAS ini, merupakan salah satu cara cepat untuk bisa merealisasikan kebutuhan warga, terutama yang mendesak.

Sehingga, Imron juga mendorong kepada masyarakat yang memiliki rezeki lebih, untuk bisa menyalurkannya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon.

Ketua BAZNAS Kabupaten Cirebon Budiman Mahfud menuturkan, bantuan yang disalurkan oleh BAZNAS juga, tidak lepas dari peran Bupati Cirebon.

Karena menurut Mahfud, besarnya dana yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Cirebon, terjadi pasca adanya intruksi yang dikeluarkan oleh Bupati kepada seluruh ASN Kabupaten Cirebon.

” Pak Bupati mengintruksikan kepada seluruh ASN, untuk menyalurkan infaknya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon,” ujar Mahfud.

Dari total sebanyak 13ribu ASN di Kabupaten Cirebon, Mahfud menyebutkan, bahwa sekitar 90 persen diantaranya, sudah menyalurkan infaknya melalui BAZNAS Kabupaten Cirebon.

Para ASN tersebut, setiap bulannya menyalurkan infak sebesar Rp 100ribu. Sehingga menurut Mahfud, dana yang dikelola oleh BAZNAS Kabupaten Cirebon setiap bulannya, mencapai Rp 1 Milyar lebih.

” Semoga, kami juga menyalurkan lebih banyak lagi,” kata Mahfud.

Pada kesempatan tersebut, Baznas juga menyalurkan bantuan untuk 31 lembaga, satu pondok pesantren, 8 rutilahu, dua pengobatan dan satu beasiswa. Total keseluruhan bantuan yang diberikan hari ini, yaitu Rp 623juta.(wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top