AKB


E satu.com (Cirebon)
- Pemerintah Pusat mulai mendistribusikan vaksin covid-19 ke tiap provinsi di Indonesia termasuk juga di Jawa Barat dan nanti akan juga didistribusikan ke Kabupaten Cirebon, program vaksinasi rencananya bakal dilakukan secara serentak mulai Pebruari 2021 mendatang.

Menurut Kepala Puskesmas Talun Kabupaten Cirebon dr. Melly Dwi Bastian, M.Kes, Kepada Wartawan E satu.com, kamis ( 7/1/2021 )

Sesuai jadwal program vaksinasi akan dimulai januari 2021 tetapi ada perubahan dan Insya Allah untuk Kabupaten Cirebon akan dimulai pada bulan Pebruari 2021, untuk tanggal pastinya belum ditentukan, sepertinya kami masih menunggu kirima stok vaksin dari Provinsi Jawa Barat, meski demikian simulasi sudah dilakukan seperti yang digelar kemarin simulasi vaksinasi di puskesmas Talun ini, ungkapnya.

Puskesmas Talun siap untuk melaksanakan kegiatan imunisasi vaksinasi covid-19 dan prioritas pertama untuk pemberian vaksin adalah para tenaga kesehatan termasuk juga tenaga kesehatan di puskesmas Talun ” tegasnya.

Lanjutnya ada beberapa tahapan yang harus dilakukan sebelum vaksin diberikan, ada skrining yang dilakukan antara lain calon penerima vaksin akan diregistrasi lalu ada beberapa pertanyaan yang akan kami ajukan kepada calon penerima vaksin khususnya oleh petugas diantaranya apakah calon penerima vaksin mempunyai penyakit bawaan seperti penyakit jantung dan lainnya serta akan ditanyakan juga apakah pernah terpapar positif covid-19 atau tidak, prosesnya mereka para calon penerima vaksin yang telah diregistrasi adalah yang sudah mendapatkan SMS atau bisa mengecek melalui aplikasi dan jika lolos tahap ini calon penerima vaksin baru akan memasuki ruang pemberian vaksin, jelas dr. Melly.

Kemudian setelah diberikan imunisasi vaksin penerima vaksin akan diarahkan keruangan observasi dan penerima imunisasi vaksin akan didampingi oleh petugas dan diberikan edukasi serta konseling terkait vaksin tersebut ” intinya persiapan puskesmas Talun sudah matang dan kami siap untuk melakukan dan melaksanakan imunisasi vaksinisasi covid-19 ” tandasnya.

Diterangkan dr. Melly Dwi Bastian kesiapan pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan penegakkan kedisiplinan protokol kesehatan covid-19, saya sebagai Kepala Puskesmas Talun berharap dalam pelaksanaan dan pemberian vaksin mendatang mudah mudahan dapat berjalan dengan lancar ” meski telah divaksinasi masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan dengan menerapkan 3 M yaitu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak didalam aktivitas sehari hari agar mata rantai virus covid-19 benar benar dapat diputus ” tutupnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: