E satu.com (Cirebon)
- Pusat Kesejahteraan Sosial ( Puskesos ) selaku penyelenggara Sistem Layanan Rujukan Terpadu ( SLRT ) ditingkat kelurahan dan desa menjadi ujung tombak pengelolaan data kemiskinan dan jika pengelolaan mampu dilakukan dengan baik maka akan berdampak postif terhadap kualitas layanan pada program program penanggulangan kemiskinan khususnya ditingkat kelurahan dan desa.

Puskesos adalah mitra strategis dalam membantu mensinergiskan berbagai program kesejahteraan sosial ditingkat kelurahan dan desa ” pembentukan puskesos adalah amanat Undang Undang Kesejahteraan Sosial Nomor 11 tahun 2009, oleh karena itu puskesos yang meliputi koordinator, fasilitator, front office dan back office harus mengambil langkah yang baik, cepat, tepat dan strategis disaat ada persoalan persoalan sosial disetiap kelurahan maupun desa ” tegas Tim Koordinasi ( Tikor ) yang juga Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan ( Ekbang ) Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon Ahmad Syahroni, A. KS. M. Si, pada Awak Media E satu.com, jumat ( 12/3/21 ) disela sela kegiatan Rapat Koordinasi Puskesos dan PKH tingkat kecamatan Sumber.

Keberadaan dan kehadiran puskesos ditingkat kelurahan maupun desa telah banyak membantu terutama dalam menangani masalah masalah kemiskinan dan kesejahteraan sosial masyarakat ditingkat kelurahan dan desa ” salah satu tugas puskesos adalah membantu dalam menyediakan data kesejahteraan sosial dengan melakukan verifikasi dan validasi ( verval ) dilevel yang paling bawah dan langsung bersentuhan dengan masyarakat serta berkoordinasi melalui Rw dan Rt, menurut saya sangat luar biasa kinerja puskesos ini ” ucapnya.

” Keberadaan puskesos dikelurahan dan desa adalah amanat Undang Undang jadi bukan agenda sembarangan, puskesos memiliki tugas yang sangat strategis dan mulia untuk memperkuat dan membangun kesejahteraan sosial masyarakat ditingkat kelurahan dan desa ” tandas Ahmad Syahroni.

Saya berharap melalui Awak Media ini ditingkat kelurahan dan desa khususnya dilingkungan wilayah Sumber termasuk kelurahan dan desa lain lainya di Kabupaten Cirebon bisa menolong masyarakat yang membutuhkan pertolongan, harus mampu membantu dan siap menolong masyarakat serta juga harus ada dampak yang postif ditengah tengah masyarakat baik dikelurahan dan desa ” puskesos hadir dan ada untuk masyarakat khususnya untuk masyarakat miskin dan rentan miskin ” tutupnya.

Ditempat yang sama Camat Sumber Kabupaten Cirebon Drs. H. Imam Santoso, M.Si, berharap kedepannya pihak kecamatan melalui TKSK, Pendamping PKH dan juga termasuk Puskesos baik dikelurahan maupun didesa khususnya yang ada dilingkungan wilayah kecamatan Sumber, saya sarankan alangkah baiknya agar Penerima Bantuan Sosial ( Bansos ) dari pemerintah sebaiknya dipasangi stiker, langkah ini sebagai penanda keluarga yang berhak menerima manfaat bantuan ” rumah penerima bantuan sosial sebaiknya dipasangi stiker untuk menghindari penyaluran bantuan tidak tepat sasaran ” pungkasnya. (wnd)

Post A Comment:

0 comments: