AKB


E satu.com (Cirebon) -
Kegiatan vaksinasi ini termasuk salah satunya untuk masyarakat yang lanjut usia sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam menekan jumlah kasus covid-19.

Vaksinasi untuk masyarakat yang lanjut usia ( lansia ) dilakukan secara berkesinambungan termasuk pula didesa Kejuden Kecamatan Depok Kabupaten Cirebon.

” Alhamdulillah proses vaksinasi terhadap lansia di desa Kejuden dapat berjalan lancar dan saya berharap melalui vaksinasi ini seluruh lansia termasuk lansia di desa Kejuden mampu menciptakan respons antibodi untuk melindungi dirinya dan orang lain, vaksinasi akan memberikan perlindungan terbaik dari paparan virus covid-19 karena sekarang ini sangat dibutuhkan vaksin yang bekerja dengan sistem kekebalan tubuh ” kata Kepala Puskesmas Waru Royom Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon dr. Fardan Salahuddin melalui dr. Husnul Khotimah.


Vaksinasi yang sekarang puskesmas waru Royom laksanakan khususnya untuk lansia masih pada tahap awal dan sementara ini kita fokus di 4 desa dulu yang dengan angka kasus tertinggi dilingkungan wilayah kecamatan Depok yaitu desa waru Royom, desa kasugengan Kidul, desa kasugengan lor dan desa kejuden sambil menunggu barangkali ada supplay vaksin dari dinas kesehatan " setiap kita dalam hal ini puskesmas waru Royom Melaksanakan kegiatan vaksin, Alhamdulillah selalu diatas angka 100 orang," ucap dr. Husnul khotimah.

” Ada 150 orang lansia yang terdata didesa kejuden pada tahap awal, target vaksinasi lansia desa Kejuden telah tercapai sekitar 100 orang lansia lebih, Alhamdulillah antusias warga lansia desa Kejuden untuk vaksinasi cukup tinggi, saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Desa khususnya Pemdes Kejuden yang telah mendukung, mensupport dan menyokong bahkan sampai dijemput oleh Rt dan Rwnya sendiri, jadi ini merupakan sebuah kerjasama dan sinergitas yang baik antara lintas sektor dengan puskesmas Waru Royom ” tegasnya.

Sementara itu kuwu desa kejuden Nurkaedi mengungkapkan batasan lansia yang divaksin minimal berusia 60 tahun dan lansia mandiri aktif dalam kegiatan diluar rumah khususnya dan menjadi skala prioritas vaksinasi, target dari vaksinasi lansia didesa kejuden sangat tinggi terbukti 100 orang lebih lansia sudah disuntik vaksin," ungkapnya.

Saya menghimbau masyarakat khususnya para lansia untuk tidak takut atau ragu mengikuti vaksinasi yang tingkat keamanan dan manfaatnya sudah dijamin sehingga bisa bersama sama berupaya menekan penyebaran covid-19 ” selama pandemi covid-19 bagi masyarakat yang sudah divaksin untuk tetap menerapkan kedisiplinan protokol kesehatan karena vaksin itu masih membutuhkan waktu mencapai herd immunity atau kekebalan imunitas tetap taati dan patuhi pola 5 M nya apalagi ini menjelang hari raya Idul fitri agar tidak terjadi adanya lonjakan lagi setelah hari raya idul fitri, mudah mudahan vaksinasi ini bisa membantu dengan dukungan protokol kesehatan yang baik dan bagus ” tutupnya.

” ini berkat kebersamaan, kerjasama dan sinergitas dengan kader, Rt dan Rw serta seluruh perangkat desa Kejuden termasuk seluruh unsur dan elemen yang ada dingkungan wilayah desa Kejuden yang selalu terlibat aktif dalam sosialisasi penanganan dan pencegahan covid- 19 ” ujarnya.

Kita semua harus membiasakan pola hidup sehat dan mematuhi serta mentaati penerapan kedisiplinan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan atau keramaian dan membatasi mobilitas atau interaksi, pungkas Kuwu desa Kejuden Nurkaedi.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: