AKB

cukai

cukai juga



E satu.com (Cirebon)
- Cirebon Fashion Carnival sebagai bagian dari rangkaian agenda Cirebon Batik Festival 2022 berlangsung meriah, di Jalan Siliwangi Kota Cirebon, Sabtu (10/12/2022).

Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, S.H., membuka langsung event tersebut. Hadir pula Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Drs. H. Agus Mulyadi, M.Si., serta unsur Forkopimda Kota Cirebon.

Azis mengatakan, Cirebon Fashion Carnival menjadi wahana strategis untuk meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap batik sebagai salah satu warisan luhur budaya Nusantara. Terlebih dalam pelaksanaannya banyak melibatkan generasi muda.

“Selain sebagai warisan budaya Nusantara, batik juga telah menjadi identitas yang membanggakan. Apalagi Cirebon dikenal sebagai salah satu daerah penghasil batik dengan nilai tinggi,” ungkap Azis.

Kendati batik telah ada sejak lama, namun motif-motifnya turut berkembang, menyesuaikan kemajuan zaman. Sehingga terus muncul desain maupun motif yang kekinian.

“Dunia fashion ini seolah tidak ada habisnya karena terus berkembang. Demikian pula dengan batik, warisan budaya yang perkembangannya mampu menjangkau hingga masa kini,” tutur Azis.

Oleh karena itu, pihaknya bangga akan penyelenggaraan Cirebon Fashion Carnival sebagai bagian dari rangkaian agenda Cirebon Batik Festival. Azis berharap, masyarakat Cirebon maupun Indonesia secara luas dapat terus mencintai dan melestarikan batik.

“Sehingga generasi mendatang juga senantiasa menjadikan batik sebagai salah satu kebanggaan yang terus dilestarikan,” katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Pedagangan dan Perindustrian (DKUKMPP) Kota Cirebon, Iing Daiman, S.IP., M.Si., mengatakan, sebanyak 64 tim berpartisipasi dalam Cirebon Fashion Carnival ini. Masing-masing tim terdiri dari lima orang.

“Mereka menampilkan berbagai fesyen kekinian, terutama berbahan batik tradisional. Setiap tim akan dinilai dan bagi yang juara akan mendapat hadiah dari Pemda Kota Cirebon,” katanya.


Iing juga menyampaikan, masih ada beberapa agenda lain dalam rangkaian Cirebon Batik Festival 2022, yakni agenda Jalan Sehati Berbatik pada 11 Desember 2022 dengan berbagai hadiah yang disediakan, pameran Cirebon Batik Festival, pentas Komunitas Bollywood, dan pentas seni.

Kemudian pada 12 Desember 2022, ada agenda peresmian Taman Pedati Gede di kawasan gedung British American Tobacco (BAT) dan Mal UKM di Jalan Dr. Cipto Mangunkusumo, serta malam harinya diisi dengan agenda penutupan berupa pembagian hadiah. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top