AKB

cukai

cukai juga



E satu.com (Cirebon) -
Ratusan warga dari berbagai wilayah Ciayumajakuning ikut menyaksikan acara Festival budaya gunung jati dalam rangka sedekah bumi dan nadran yang biasa disebut pesta laut di sungai condong blok penderesan, Sabtu (17/12/22).

Acara sedekah bumi dan nadran tersebut digelar setiap tahunya dan merupakan agenda rutin gunung jati kecamatan gunung jati kabupaten Cirebon dan menjadi salah satu agenda yang masuk kalender nasional pariwisata.

Menurut warga kuningan, hendi, dirinya bersama keluarga sengaja datang ke gunung jati Cirebon untuk menyaksikan acara Festival budaya nadran (pesta laut) dan sedekah bumi.


" Kami setiap tahun datang ke gunung jati Cirebon untuk menyaksikan acara nadran dan sedekah bumi karena ini merupakan Festival kebudayaan," ujarnya.

Sedangkan menurut warga Cirebon kota, yoga, acara nadran pesta laut dan sedekah bumi ini sebagai cerminan warga khususnya gunung jati Cirebon utara.


" Acara ini merupakan adat warga gunung jati Cirebon yang pekerjaannya sebagai nelayan sehingga sebagai ucap syukur mereka mengadakan festival sedekah bumi dan nadran (pesta laut), sekaligus untuk menghibur masyarakat Cirebon dan sekitarnya. Saya bersama keluarga ke gunung jati Cirebon dan sekalian melihat acara festival budaya sedekah bumi dan nadran atau pesta laut," ujarnya.

Doa bersama festival sedekah bumi dan nadran gunung jati tersebut dihadiri oleh Sultan Kanoman Pangeran Patih Qodiran, Sultan Kecirebonan dan para tamu undangan. (wnd)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top