BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) -
Untuk meningkatkan kepedulian dan kesadaran remaja putri akan kesehatan dirinya, Puskesmas Waruroyom pada dinas kesehatan Kabupaten Cirebon bersama perawat dan dokter ISIP dari Universitas Indonesia ( UI ) mengadakan pemeriksaan atau tes kadar Hemoglobin ( Hb ) dan pemberian Tablet Tambah Darah ( TTD ) untuk remaja putri ( remantri ) bertempat di SMP dan SMK Ulil Albab, beberapa hari yang lalu.

Kepala Puskesmas Waruroyom dr. Andi Ridwan Sahrudin melalui Penanggungjawab Mutu sekaligus Promkes Puskesmas Waruroyom Laeka Sari, S.Km,  mengatakan pada awak media , Alhamdulillah pada hari ini kami puskesmas Waruroyom bersama perawat dan dokter ISIP dari Universitas Indonesia ( UI ) dapat menngadakan kegiatan pemeriksaan atau tes Hb serta pemberian tablet tambah darah ( TTD ) untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya potensi anemia " katanya.

" Kegiatan pemeriksaan atau tes Hb merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mengukur jumlah hemoglobin didalam darah sedangkan pemberian TTD bertujuan dalam rangka meminimalisasi atau mencegah remaja putri mengalami anemia karena jika remaja putri menderita anemia maka akan berpotensi atau berdampak pada daya tahan tubuh dan kebugaran menurun, kosentrasi belajar juga menurun dan menurunnya prestasi disekolah " tegasnya.

Menurut Laeka Sari, pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri berperan serta dalam peningkatan gizi remaja terutama zat besi " pemberian tablet tambah darah juga untuk mempersiapkan kesehatan remaja putri pada saat sebelum menjadi seorang ibu " ucapnya.

Untuk mencegah dan mengatasi anemia yakni dengan mengkomsumsi makanan bergizi seimbang dan mengandung zat besi, makanan fortifikasi zat besi, minum tablet tambah darah " saya mengimbau kepada remaja putri untuk menjaga pola makan, istirahat yang cukup dan secara rutin meminum tablet tambah darah " pintanya.

Saya berharap kegiatan ini dapat membantu remantri di SMP dan SMK Ulil Albab utamanya maupun remaja putri pada umumnya untuk lebih peduli akan kesehatan sedini mungkin " ini merupakan salah satu upaya pemerintah termasuk puskesmas Waruroyom lakukan untuk memenuhi asupan zat besi, untuk mencegah anemia " terang Laeka Sari.

Alhamdulillah berkat keterlibatan dan support dari kepala sekolah serta guru terlihat para remaja putri di SMP dan SMK Ulil Albab sangat antusias " melalui kegiatan ini, kami berharap para remaja putri dapat tumbuh sebagai generasi yang sehat, aktif dan produktif " pungkasnya. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top