BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon) -
Sekolah Dasar (SD) negeri maupun swasta se Kabupaten Cirebon sedang melaksanakan Ujian Sekolah (US).

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Ronianto secara langsung lakukan monitoring pelaksanaan ujian sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) di SDN 2 Klayan desa Klayan Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon, Selasa (23/5/23).

Dalam kegiatan ini dihadiri Bupati Cirebon, Camat Gunung Jati, Korwil Bidikcam Gunung Jati, Kepala Sekolah se Kecamatan Gunung Jati, Pengawas Ujian, Kuwu se Kecamatan Gunung Jati, Polsek Gunung Jati, Koramil Gunung Jati serta Perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Cirebon H. Ronianto mengatakan seluruh siswa ditingkat SD yang mengikuti US sebanyak 32. 499 siswa yang tersebar. tingkat Sekolah Dasar (SD) dari 854 sekolah negeri dan swasta se Kabupaten Cirebon " Insya Allah mereka akan melanjutkan ke jenjang berikutnya yakni SMP " ucapnya.

" Dari sisi prasarana untuk di tingkatan SMP negeri di wilayahnya hanya mampu menampung 50 persen dari jumlah lulusan SD, hal itu disiasati dengan pendistribusian jumlah lulusan ke sekolah swasta yang bersifat formal, SMP negeri hanya mampu sekitar 50 persen lebih dari jumlah lulusan SD, sisanya disebar baik ke sekolah swasta, pesantren hingga ada yang ke luar daerah. namun intinya mereka agar tetap melanjutkan ke pendidikan jenjang lebih tinggi " tandasnya.

" Jumlah siswa yang drop out ( DO ) juga masih ada di kabupaten Cirebon meski dari sisi jumlah sangat kecil diangka 5 persen ke bawah namun, pihaknya tetap melakukan pendampingan dan pendataan serta menyiapkan regulasi agar strata pendidikan bisa dipenuhi " ungkapnya.

Kami juga sudah lakukan pengkajian untuk mencari faktor penyebab mereka DO. Bisa dari sisi ekonomi atau ketersediaan akses baik jarak dan waktu mulai dari rumah ke tempat sekolah, kemudian Penyetaraan dengan menyiapkan sekolah paket di tiap jenjang juga terus dilakukan, pungkas Kadisdik Kabupaten Cirebon H. Ronianto. (wnd)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top