BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Majalengka) - Kapolsek Sukahaji Polres Majalengka AKP Rudy Djunardi yang diwakili Kanit Samapta AIPTU Riyana menghadiri acara pembinaan aparatur pengawas pemilu yang diselenggarakan oleh Panwascam Kecamatan Sukahaji. Acara tersebut digelar di Sekretariat Panwascam Sukahaji Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka Jawa Barat, Jumat (5/5/2023).

Mewakili Kapolsek, Kanit Samapta Polsek Sukahaji AIPTU Riyana mengatakan, kehadirannya dalam acara tersebut sebagai bentuk sinergitas dan soliditas Polri dalam mendukung serta menyukseskan setiap tahapan Pemilu 2024. Selain itu juga dalam rangka cipta kondisi menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah hukum Polsek Sukahaji.

“Polri akan selalu mendukung dan bersinergi menyukseskan Pemilu 2024 mendatang agar aman, dan damai,” kata AIPTU Riyana.

Tak hanya itu, Kanit Samapta menuturkan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan para penyelenggara Pemilu 2024 guna mengantisipasi dan mencegah timbulnya gangguan kamtibmas selama tahapan hingga pelantikan pemenang Pemilu di 2024 mendatang.

“Polri bersama TNI dan Instansi terkait lainnya khususnya di wilayah hukum Polsek Sukahaji Polres Majalengka Polda Jabar siap menyukseskan Pemilu 2024 mendatang dengan aman, damai dan kondusif,” ucap AIPTU Riyana.

Acara ini bertujuan agar Panwaslu harus mengambil peran-peran strategis dalam pelaksanaan Pemilu di Indonesia. Kewenangan Panwaslu yang sedemikian banyak menunjukkan bahwa Panwaslu penting kedudukannya dalam sistem demokrasi Indonesia.


Selain dalam kewenangan pengawasan, penegakan hukum terhadap berbagai pelanggaran dan tindak pidana, Panwaslu juga dapat berperan mendorong masyarakat berpartisipasi aktif dalam Pemilu, supaya dapat terselenggara Pemilu berintegritas yang bebas dari politik uang dan politik identitas.

Karenanya, penting bagi Panwaslu untuk menjaga profesionalitas dan integritasnya. Selain itu, harus terus dilakukan upaya pendalaman materi-materi hukum di antara para pengawas, supaya dapat menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.

Sumber : Humas Polres Majalengka 
Editor : uki 
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top