BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Kabupaten Cirebon )
- Bupati Cirebon, Drs. H. Imron, M.Ag menghadiri acara Pencanangan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Desa Sindangkasih, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Kamis (30/11/2023). 

Kegiatan BBGRM kali ini mengambil tema “Dengan Bulan Bhakti Gotong Royong Kita Tingkatkan Partisipasi Masyarakat untuk Membangun Desa”.

Imron mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kelanjutan dari seluruh rangkaian kegiatan Pencanangan (BBGRM) yang diagendakan secara nasional, diawali oleh penyelenggaraan di tingkat nasional, dilanjutkan dengan penyelenggaraan di tingkat Provinsi Jawa Barat dan penyelenggaraan di tingkat kabupaten. 

"Saya merasa bangga bahwa peringatan bulan bhakti gotong royong masyarakat (BBGRM) tingkat Kabupaten Cirebon tahun 2023 dapat dilaksanakan dengan baik," ujar Imron.

"Sehingga, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk ditindaklanjuti di tingkat kecamatan dan di tingkat desa serta kelurahan," sambungnya.

Ia menyebut, pencanangan BBGRM tahun 2023 merupakan upaya melestarikan dan meningkatkan nilai-nilai yang tumbuh dan berkembang di masyarakat, serta untuk mewujudkan semangat kebersamaan yang berintegritas dan mandiri.

Bahkan, lanjut Imron, ini dapat dijadikan momentum untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan serta partisipasi masyarakat untuk menguatkan integrasi sosial yang akhir-akhir ini cenderung menurun.

"Memang tidaklah mudah untuk melestarikan dan mempertahankan semangat gotong royong di tengah alam kehidupan sekarang ini yang semakin individualis dan kompetitif, cenderung lebih menunjukkan persaingan dari pada kebersamaan untuk maju," lanjutnya.

Ia mengungkapkan, pencanangan BBGRM ini untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat berdasarkan semangat kebersamaan, semangat kekeluargaan dan semangat kegotongroyongan dalam membangun Kabupaten Cirebon.

Imron menghimbau kepada seluruh kuwu, agar melaksanakan BBGRM dalam semua kegiatan di desa masing-masing, dengan memberdayakan lembaga pemerintahan desa, lembaga kemasyarakatan desa (LKD) dan masyarakat secara umum.  

Di tempat yang sama, Kepala DPMD Kabupaten Cirebon, Nanan Abdul Manan mengatakan, maksud dan tujuan diadakannya kegiatan BBGRM, yakni untuk menumbuhkembangkan semangat gotong-royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan.

"Ada beberapa sasaran di BBGRM ini, diantaranya untuk meningkatkan persatuan dan persatuan di desa, meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pembangunan terutama dalam memutar roda perekonomian desa," jelas Nanan.

"Kemudian meningkatnya kemitraan antara masyarakat dan pemerintah desa dalam melaksanakan pembangunan, serta meningkatnya rasa memiliki hasil-hasil pembangunan yang bisa mensejahterahkan masyarakat," pungkasnya. 

Sumber : Diskominfo Kabupaten Cirebon
Editor : Iman
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top