E satu.com (Cirebon) – Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) Cirebon menggelar seminar nasional Cyberculture, di auditorium kampus I, Jl. Pemuda, Kota Cirebon, Sabtu (27/1/24).

Seminar tersebut menghadirkan narasumber praktisi yang lama berkecimpung di dunia jurnalistik atau media massa.

Mereka adalah Pemimpin Redaksi iNews Network (MNC Gruop), Muhammad Jazuli, dan Produser Senior NET TV, Achmad Suwardi Rosadi.

Sebagai moderator, Wakil Dekan I FISIP UGJ, Dr. Khaerudin Imawan, S.Sos., M.I.Kom., yang tak asing dengan media televisi maupun platform digital.

Pada kesempatan itu, Wakil Rektor I UGJ, Dr. Surya Amami Pramuditya, S.Si., M.Si., mengatakan, UGJ sangat mendukung seminar nasional yang FISP gelar tersebut.

“Melalui seminar ini, para mahasiswa bisa belajar, tidak hanya dari akademisi, tetapi juga dari para praktisi,” ujarnya.

Wakil Rektor berharap, para mahasiswa memiliki pengetahuan dan keterampilan mengenai Cyberculture.

“Cyberculture adalah mata kuliah baru di UGJ. Dalam kegiatan ini, kami harap mahasiswa memiliki pengetahuan yang informatif sekaligus implementatif terkait Cyberculture,” jelasnya.

Sementara dalam sambutannya, Wakil Dekan I FISIP UGJ, Dr. Khaerudin Imawan, S.Sos., M.I.Kom., mewakili Dekan FISIP UGJ, Dr. Siti Khumayah, SE, SH, M.Si., menyampaikan sekelumit tentang Cyberculture.

Menurut Khaerudin Imawan, Cyberculture atau budaya siber, mengubah perilaku dan tindakan masyarakat sehari-hari. Konfergensi telah menghadirkan praktik-praktik platform digital.

“Ruang siber adalah ruang kontestasi antara individu-individu. Kalau kita mengenal analisis framing, mungkin sekarang praktiknya sudah berbeda. Para individu itu sudah memframing dirinya sendiri maupun orang lain ” terangnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top