E satu.com (Kabupaten Cirebon) - Dalam perkembangannya Ilmu Politik di masyarakat lebih tendesi kearah pemilihan bukan lagi pemahaman, masyarakat hanya diberikan kesempatan untuk memilih tanpa memilah-milah mana yang lebih baik dikemudian hari agar bisa bertahan hidup selama kurun waktu 5 tahun ke depan. Saya tak menyalahkan masyarakat yang mungkin awam dalam dunia politik tapi sebenarnya masyarakat secara tidak sadar berpolitik dalam kehidupan sehari-hari, kemampuan nya terbatasi oleh kebutuhan sehari-hari tapi itu sebenarnya bukan menjadikan sebuah alasan yang masuk logika menurutku. Mereka-mereka yang mungkin lebih mengerti atau anak-anak kuliahan yang seharusnya mendidik masyarakat dalam pemahaman politik lepas begitu saja seolah-olah itu bukan tanggungjawab-nya padahal salah satu tanggungjawab calon sarjana ataupun sarjana adalah mencipta yang baru, membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Dewasa ini patut saya apresiasi kepada mereka yang mungkin dalam hal pendidikan hanya sebatas sekolah dasar, sekolah menengah pertama ataupun sekolah menengah atas mau mendedikasikan hidupnya untuk membantu masyarakat, jika demikian sangat ironis. Tapi begitulah keadaannya tanpa kita bisa menyalahkan yang lain.

Masyarakat harus sadar bahwa pemilihan menjadi sebuah dasar untuk bertahan hidup selama beberapa tahun kedepan, ini bukan soal takdir tapi ini tentang nasib yang bisa kita ubah sesuai pola pikir kita sendiri. Ketika kita bisa memilih pemimpin yang berasaskan kebenaran, keadilan dan kemanusiaan maka kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh pemimpin pastilah untuk kepentingan masyarakat banyak bukan untuk dirinya sendiri.

Pemilihan memang berasaskan demokrasi akan tetapi bagian-bagian demokrasi itu sendiri belum secara maksimal diberikan seutuhnya kepada masyarakat. Salah satu contohnya masyarakat tidak mendapatkan pendidikan politik dan tidak memberikan pemahaman politik maka perlu adanya pendidikan politik untuk masyarakat agar bisa mengetahui gambaran dari setiap calon salah satunya adalah track record/ pencapaian -pencapaian yang sudah dilakukan dalam kurun waktu tertentu maka dari situlah masyarakat akan bisa memilih dengan benar.

Penulis: Warsono
Ketua Umum Komunitas Lentera Sasak sekaligus salah satu Wartawan e-satu.com
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top