Pelatihan Tekhnik Tematik Peternakan Untuk Kalangan Masyarakat Veteriner pada DKP3
Kota Cirebon - Balai Besar Pelatihan Kesehatan hewan Cinagara Bogor menyelenggarakan pelatihan terhadap makanan yang berasal dari Hewan di Kantor Dinas Kelautan Perikanan pertanian dan Peternakan (DKP3)  Kota Cirebon ,Kamis ( 5 April 2018)
Istilah Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) atau dalam bahasa Inggrisnya dikenal sebagai Veterinary Public Health (VPH). Secara garis besar, tugas, dan fungsi kesmavet adalah menjamin keamanan dan kualitas produk-produk peternakan, serta mencegah terjadinya resiko bahaya akibat penyakit hewan/zoonosis dalam rangka menjamin kesehatan dan kesejahteraan masyarakat" ungkap drh. Dwi Windiana, M Si. selaku widya Iswara  dalam Kegiatan pelatihan teknis tematik peternakan (kesehatan masyarakat veteriner) di dinas peternakan  Kota Cirebon  yang di selenggarakan dari mulai tanggal 5 sampai dengan 8 april 2018.
Hadir pada kempatan tersebut petugas dari dinas peternakan para pengusaha UKM bidang peternakan yang ada di Kota Cirebon
kepala DKP3  Kota Cirebon Dewi Maharani mengatakan bahwan kegiatan ini  bertujuan menambah wawasan  kepada para Pelaku UKlM bidang peternakan dan Pengusahanya  tentang kesehatan masyarakat Veteriner terkait penerapan Nomor Kontrol Veteriner pada unit bahan asal  hewan sepeti telor,susu dan daging. Upaya ini tentu nya untuk mewujudkan tuntutan konsumen yang berharap produk produk peternakan terjamin aspek ke--ASUH-annya "Aman,Sehat,Utuh dan Halal"jelasnya.
pengusaha UKM bidang peternakan yang ada di Kota Cirebon
Dewi menambahkan  para pelaku usaha khususnya UKM masih banyak yang perlu kita bimbing ke arah itu dan yang memiliki sertifikat nomor kontrol Veteriner (NKV) itu masih sediki. jadi kita akan berupaya agar semua UKM  memiliki sertifikat NKV.
Semua peserta yang hadir pada pelatihan ini dibekali dengan ilmu penerapan NKV pada unit pengolahan yg nantinya diharapkan untuk bisa diaplikasikan. Kepada semua peserta diakhir kegiatan akan diberikan sertifikat sebagai bukti keikut sertaan pelatihan NKV.  
Lebih jelas Dewi  menyampaikan pula "Tentu nya ini akan bermanfaat besar khusus nya untuk mereka para pengelola produk ternak juga untuk para konsumen pun akan merasa kan kenyamanan saat mereka menikmati hasil pengelolaan ternak ,ke untungan lain yang tentu nya akan dapat di rasakan oleh para UKM mereka akan dapat menerobos penjualan ke toko toko atau supermarket karna mereka telah memenuhi NKV " pungkas nya.

Post A Comment: