BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Kemenristek Uji Converter Untuk Semua Jenis Kendaraan
E satu.com (Crb) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi lakukan uji terap converter kit generasi kedua di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan, Kota Cirebon. Penggunaan converter kit generasi kedua ini memiliki fitur keselamatan dan efisiensi tinggi.
Menristekdikti, Prof.H. Mohammad Nasir, Ph.D.,Ak, menjelaskan bahwa setiap tahunnya mereka memberikan insentif khusus untuk pengembangan teknologi industri kepada peneliti di Indonesia. Melalui program Pengembangan Teknologi Industri (PPTI) yang ada di Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristekdikti, salah satu peneliti Indonesia telah berhasil menguasai converter kit generasi kedua. “Converter kit generasi kedua ini memiliki fitur kselamatan dan efisiensi tinggi,” ungkap Nasir. Uji terapnya dilakukan di Pelabuhan Perikanan Nusantara Kejawanan, Cirebon, 18 Mei 2018.
Dijelaskan Nasir, dengan menggunakan converter kit maka bisa menggantikan penggunaan bahan bakar minyak ke gas. “Subsidi bahan bakar pun akan berkurang,” ungkap Nasir. Tidak hanya itu, dengan penggunaan converter kit yang dipasang di mesin kapal maupan alat pertanian, maka baik nelayan maupun petani bisa menghemat hingga 65 persen. “Ini keuntungan mereka,” ungkap Nasir.
Kemenristekdikti, lanjut Nasir, hanya berkonsentrasi untuk membuat converter kit. “kami ada di hulunya,” kata Nasir. Sedangkan penggunaanya dilakukan oleh Kementerian ESDM, KKP maupun Kementerian Desa.
Kemenristek Uji Converter Untuk Semua Jenis Kendaraan
Sementara itu wakil ketua Komisi VII DPR RI, Ir, H.E. Herman Khaeron, menjelaskan jika alat ini digunakan untuk konversi dari bahan bakar minyak ke gas. “Karena penggunaan gas akan lebih murah dibandingkan bahan bakar minyak,” kata Khaeron. Tidak hanya itu, penggunaan gas  lebih bersih, ramah lingkungan, efisen dan nelayan maupun petani bisa mendapatkan keuntungan lebih dibandingkan jika mereka menggunakan bahan bakar minyak. Tahun ini dianggarkan bantuan converter kit sebanyak 40 ribu di seluruh Indonesia. “Tahun lalu sebagai pilot project ada sekitar 4 ribu unit di seluruh Indonesia,” kata Khaeron.
Mereka di DPR RI, lanjut Khaeron, berkomitmen untuk menyiapkan stimulus anggaran untuk penyedia converter kit. Apalagi selain bisa digunakan untuk nelayan juga bisa digunakan untuk mesin-mesin traktor petani.
Sementara itu Wali Kota Cirebon, DR. H Dedi Taufik, M.Si, menyambut baik pelaksanaan dan menjadi kebanggaan bagi Kota Cirebon karena telah dipilih sebagai tempat uji terap dan pemeran hasil riset penelitian dan pengembangan teknologi bagi kebutuhan industri nasional. “Ini menandakan jika pemerintah pusat semakin apresiasi terhadap perkembangan Kota Cirebon,” ungkap Dedi. Pemerintah pusat juga telah merespon bahwa Kota Cirebon telah menjadi salah satu pusat pertumbuhan Jawa Barat bagian timur dan salah satu kawasan kegiatan nasional.
Baca Juga

Post A Comment:

Back To Top