Pemda Kota Cirebon Dorong Produk Kerajinan MenduniaE satu.com (Crb) - Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon Jawa Barat mendorong produk kerajinan lokal bisa mendunia dan bersaing dengan produk serupa negara lain.
Aspek yang saat ini sedang digenjot Pemda Kota Cirebon adalah masalah tampilan kemasan (packaging) produk kerajinan yang masih kalah dengan produk negara lain yang dinilai lebih menarik.
Sekretaris Daerah Kota Cirebon, Drs. Asep Dedi M. Si mengatakan produk kerajinan khas Cirebon seperti lukisan kaca memiliki nilai estetika dan historis yang pastinya menarik bagi konsumen di luar negeri.
"Produk kerajinan kita secara kualitas lebih bagus, hanya tampilan kemasannya harus ditingkatkan," katanya usai menghadiri Rapat Koordinasi Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Cirebon, Senin (28/08/2018).
Asep mengungkapkan melalui program pembinaan dan pelatihan bagi pelaku kerajinan, diharapkan bisa mendorong mereka memiliki kemampuan membuat kemasan produk yang menarik, selain itu Pemda Kota Cirebon memfasilitasi pengrajin untuk memamerkan karyanya.
"Targetnya produk kerajinan tak hanya digemari di Cirebon tapi di pasar internasional juga," ujarnya.
Pada saat yang sama, Ketua Dekranasda Kota Cirebon, Dr. H. Ira Irawati M. Si mengungkapkan Industri Kerajinan Menengah (IKM) diharapkan mampu menekan angka pengangguran dan mampu memanfaatkan segala potensi yang ada agar bisa bernilai jual.
"Jika industri kerajinan berkembang, maka bisa menyerap tenaga kerja lebih banyak lagi," ujarnya.
Ira menyarankan Pemda Kota Cirebon untuk mengajak para perajin belajar dari kota lain yang lebih dulu berhasil mendorong sektor kerajinan seperti Bali.
"Wawasan dan kemampuan pengrajin juga perlu terus ditingkatkan salah satunya melalui studi banding," tuturnya.

Post A Comment: