Wagub Jabar Resmikan Kantin Kejujuran di Kota Cirebon
E satu.com (Crb) —Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum meresmikan kantin kejujuran di Kota Cirebon yang berada di SMPN 5 Cirebon dan SD Sidamulya Kota Cirebon, Senin, 29 Oktober 2018. Wagub mengapresiasi adanya kantin kejujuran karena bermanfaat dalam pembentukan karakter siswa.
Kantin kejujuran di SMPN 5 Kota Cirebon mulai diadakan sejak Januari 2018 lalu, adapun barang yang dijual adalah Alat Tulis Kantor (ATK) yang ditempatkan di sebuah tempat yang tidak dijaga oleh pelayan atau kasir.
Pihak sekolah secara rutin melakukan pemeriksaan stok ATK yang tersedia, terjual atau yang hilang setiap harinya. Melalui kantin kejujuran tujuannya untuk membentuk karakter siswa agar jujur dan tidak korupsi.
“Kantin kejujuran ini sangat bagus, semoga selalu diterapkan oleh para siswa di kehidupan sehari-hari di masyarakat,” katanya Wagub Jabar.
Uu mengapresiasi terobosan-terobosan yang dilakukan Pemda Kota Cirebon terkait pemanfaatan teknologi serta adanya kantin kejujuran di sekolah yang merupakan hal baru di Jawa Barat.
“Semoga sekolah dan kantor di Jabar juga menerapkan kantin kejujuran untuk menumbuhkan rasa jujur di kalangan masyarakat,” ujarnya.
Wagub Jabar Resmikan Kantin Kejujuran di Kota Cirebon
Sementara itu, Penjabat Wali Kota Cirebon, Dr. H. Dedi Taufik M. Si menyatakan adanya kantin kejujuran merupakan tindaklanjut dari kegiatan roadshow Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di Kota Cirebon beberapa waktu lalu. Dalam kesempatan tersebut Pemda Kota Cirebon di acara KPK di CFD Jl. Siliwangi menyosialisasikan kepada para siswa akan adanya kantin kejujuran di sekolah.
“Kami lihat animo para siswa sangat tinggi, walaupun memang masih ada sekitar 4% yang kurang jujur,” katanya.
Dedi menambahkan para siswa harus menyadari bahwa Bangsa ini jika dimulai dengan suatu kejujuran maka akan membuat hidup terasa nyaman, maka dari itu perlu dibiasakan bersikap jujur mulai dari sekarang.
“Pengelolaan kantin kekujuran di dua sekolah yang ada oleh koperasi yang dikelola guru dan siswa,” tambahnya.

Post A Comment: