Sekolah Sebagai Lembaga Pelestari Budaya
E satu.com ( Crb) - Pemerintah Daerah Kota Cirebon ucapkan terima kasih kepada seluruh sekolah di Kota Cirebon yang telah berupaya melestarikan seni dan budaya tradisional.
Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai menutup kegiatan seni dan budaya Spenma Art and Unique Talent (Spiritual) di SMP Negeri 5 Kota Cirebon, Jumat, 22 Maret 2019. “Kegiatan berkebudayaan di Kota Cirebon saat ini sudah luar biasa,” ungkap Eti.
Sekolah Sebagai Lembaga Pelestari Budaya Salah satunya yang dilakukan di SMP Negeri 5 Kota Cirebon. Bahkan, lanjut Eti, tidak hanya di SMP Negeri 5, semua sekolah yang ada di Kota Cirebon saat ini juga tengah giat-giatnya mengasah kreativitas anak-anak mereka melalui kegiatan seni dan budaya.
Dijelaskan Eti, kekayaan seni dan budaya di Cirebon sangat luar biasa. Kekayaan ini menurut Eti harus terus dijaga. caranya, dengan melakukan pelestarian terhadap seni dan budaya, khususnya kepada generasi muda di Kota Cirebon. “Bahkan dunia pendidikan juga bisa menyumbang dan mewujudkan 2 juta wisatawan di Kota Cirebon tahun ini,” ungkap Eti. Caranya tidak lain melalui pengembangan seni dan budaya.
Sekolah Sebagai Lembaga Pelestari Budaya Sementara itu Kepala SMP Negeri 5 Kota Cirebon, Hj. Kanti Rahayu, S.Pd., MM., menjelaskan jika penyelenggaran pentas seni dan budaya merupakan kegiatan yang diusulkan sendiri oleh para siswa dan diadakan setiap tahun dilakukan secara rutin. “Untuk tahun ini dilakukan selama seminggu,” ungkap Kanti.
Kegiatan ini diantaranya diisi dengan tari tradisional serta lomba majalah dinding namun dengan tema budaya. “Kita selalu berupaya untuk menggali potensi anak-anak kita, khususnya di bidang seni dan budaya,” ungkap Kanti.(Nm)

Post A Comment:

0 comments: