Berita Cirebon Hari Ini KNPI Jabar Gelar Hajat Lembur, Sukseskan Citarum Harum
KNPI Jabar Gelar Hajat Lembur, Sukseskan Citarum Harum
E satu.com. (Bdg ) – Bertempat di gedung Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Provinsi Jabar di Jl. Soekarno Hatta No. 623, Kota Bandung, pada Sabtu, 15 Juni 2019 telah berlangsung konperensi pers tentang Hajat Lembur (Pancer Citarum) Desa Neglasari, Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung yang ke – 37.

“Ada yang khas untuk milangkala (ulang tahun) kali ini yang akan dirayakan pada 29 – 30 Juni 2019, panitia melibatkan kolaborasi utama antara DPD KNPI Provinsi Jabar dengan Karang Taruna se-Kabupaten Bandung,Termasuk, melibatkan 40 hingga 45 komunitas serta lembaga sebagai partisipan aktif,” papar Teguh Ariprianto selaku Pengarah Tim Pancer Citarum yang diamini rekannya dari pengurus DPD KNPI Provinsi Jabar, Erlan Suparlan.

Menurut Teguh pula  perhelatan kali ini, dirancang dengan serba khusus:”Ini sebagai apresiasi kepada pihak TNI dan pihak terkait lainnya yang tergabung dalam Satgas Citarum Harum, utamanya dalam kaitan revitalisasi Sungai Citarum sesuai Perpres No. 15 Tahun 2018.”

Sementara itu pendiri Jaringan Bandung Inisiatif (JBI) Adhitya Alam Syah (Abah Alam) dalam pernyataannya secara terpisah di konperensi pers kali ini, mengapresiasi prakarsa milangkala Desa Neglasari yang sarat dengan nilai-nilai luhur sebagai warga yang tinggal di DAS (Daerah Aliran Sungai) Citarum, dilakukan sepenuhnya oleh DPD KNPI Provinsi Jabar dan Karang Taruna se-Kabupaten Bandung:”Saatnya, yang muda-muda mengambil peran. Ini prakarsa yang membahagiakan bagi saya, para pemuda Jabar turun aktif mensukseskan revitalisasi Sungai Citarum.”

Pada pihak lain, Edi Cahyadi, Kaur Perencanaan Desa Neglasari yang datang belakangan di konperensi pers ini, mengemukakan rasa gembira atas keseriusan pihak panitia melakukan persiapan milangkala desanya yang ke-37 tahun. Menurutnya, dari 10 ribu penduduknya yang mendiami sekitar 220 hektar, yang sebagian besar (50%) sebagai petani, dan sebagian besar lagi (40%) buruh dan pedagang, serta sisanya (10%) sebagai PNS dan pegiat di sektor informal, menyambut antusias rencana perhelatan ini “Semoga perhelatan ini memacu kami agar menata lingkungan dan ekosistem lebih baik lagi.

Rata-rata penduduk menyambut gembira, untuk persiapan hajat lembur yang dianggapnya sebagai pameran pemberdayaan produk pertanian, budaya lokal, maupun aktivitas ekonomi dan lingkungan.” (iwan/sa)

Post A Comment:

0 comments: