Wali Kota Cirebon Ajak Masyarakat Laksanakan Penguatan Diri Bahan Pangan
E satu.com (Indr) – Pemerintah Kabupaten Indramayu melalui Dinas Kearsipan dan Perpustakaan bersama dengan Gramedia kembali menghadirkan bazaar buku murah bagi masyarakat Indramayu. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat dan mempermudah untuk mendapatkan bahan bacaan.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Indramayu, Toto Susmanto menjelaskan, kegiatan bazaar murah tersebut dilaksanakan sejak tanggal 21 Agustus sampai dengan 4 September 2019 mendatang dan dipusatkan di halaman Kantor Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Indramayu.

Toto menambahkan, kegiatan tersebut diharapkan memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi pemustaka untuk memilih dan membeli buku yang dibutuhkan, kemudian emenuhi kebutuhan informasi pemustaka untuk memperlancar proses belajar mengajar, penelitian dan pengabdian pada masyarakat, menjalin hubungan yang baik antara perpustakaan, penerbit, distributor, toko buku dan pemustaka, memberikan kemudahan kepada pemustaka dalam pengajuan judul-judul buku yang dibutuhkan untuk usulan pengadaan buku baru di perpustakaan tahun anggaran 2020, dan menambah khasanah pustaka sekaligus sebagai ajang publikasi dan sosialisasi perpustakaan.

Selain bazaar buku, pada kegiatan itu dilaksanakan pula bedah buku, story telling atau bercerita kepada pelajar TK, lomba menggambar, lomba story telling, wisata belajar, lomba mewarnai, dan lomba rangking satu.

Sementara itu Pelaksana Harian Bupati Indramayu, Rinto Waluyo melalui Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Pembangunan, Iin Indrayati mengatakan, salah satu cara untuk memperkenalkan  budaya membaca kepada masyarakat ialah melalui perpustakaan. Perpustakaan dapat memberikan ketersediaan  bahan  bacaan  yang  murah,  lengkap, dan  berkualitas  kepada  anak-anak  dan  semua maasyarakat. 
Disarpus dan Gramedia Kembali Hadirkan Buku Murah

Melihat fungsinya sebagai sarana mencerdaskan  kehidupan bangsa, tidak salah jika perpustakaan menjadi salah satu  komponen  penting dalam  pengembangan  dan peningkatan mutu pendidikan. Melihat begitu pentingnya peran perpustakaan dalam kehidupan masyarakat,     perlu     kiranya     memberikan perhatian yang lebih pula mengenai  pengembangan perpustakaan.  Salah satu tolak ukur kemajuan suatu bangsa   dapat   dilihat   dengan   banyaknya   terbitan buku dalam satu tahun dan jumlah buku yang dibaca oleh warganya.

“Diperlukan     inovasi     baru    yang disesuaikan      dengan      kemajuan      dan     kondisi masyarakat   kita  pada   saat  ini   untuk  menjadikan perpustakaan    lebih    dekat    dan    menarik    bagi masyarakat,” tegas Iin.

Sementara itu Store Manager Gramedia Cirebon, IGN Edi Sulistyono mengatakan, minat baca masyarakat Kabupaten Indramayu setiap tahun terus mengalami peningkatan hal ini dilihat dari tingginya animo masyarakat dalam membeli buku.

“Kedepan kami upayakan membuka toko di Indramayu karena progresnya cukup baik,” kata Edi. (iwan)

Post A Comment:

0 comments: