BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Menantu Rita Terseret kasus Sunjaya
E satu.com - Perjalanan Kasus korupsi Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka Sunjaya Purwadisastra mantan Bupati Cirebon terus bergulir. Hingga kemarin, Rabu (16/10/2019) KPK masih terus memeriksa saksi-saksi terkait TPPU.

Pemeriksaan ini mengambil tempat gedung Bahayangkari Polres Cirebon Kota (Ciko).Dari pantauan media, hingga sekira pukul 17.00 WIB Rita Susana sebagai Camat Beber dan M. Iing Tadjudin sebagai Camat Astanajapura barus selesai diperiksa oleh penyidik KPK.

Ada beberapa nama yang diperiksa oleh KPK, Rabu kemarin antaranya  Dede Sudiono selaku Sekdis BPPT Kabupaten Cirebon, Deni Syafrudin mantan ajudan Sunjaya yang kini menjabat kepala desa Kanci Wetan dan dua nama lainnya.

Namun, dari beberapa nama tersebut, Rita dan Iing paling terakhir keluar dari Mako Polres Ciko.

Saat keluar dari Mako Polres Ciko, Rita terlihat lunglai dipapah oleh kedua putrinya dan Iing yang juga suami dari Rita terlihat lemas dan tidak bergairah.

Ketika ditanyakan oleh awak media terkait pemeriksaan oleh KPK, Rita dan Iing tidak memberikan jawaban banyak dan langsung menuju kendaraan masing-masing.

Beberapa media  mencoba menanyakan apa saja pertanyaan penyidik KPK dan menyakan pula kebenaran informasi bahwa menantunya yang bernama MS terkait soal TPPU ini, Ia hanya menjawab sudah lah.

“Informasi dari mana itu, tidak benar. Sudahlah, seperti kesiapa saja,” jawab Iing dan langsung bungkam.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Manajer Kampanye Energi Walhi, Dwi Sawung melalui pesan Whatsappnya, Rabu (16/10/2019) menyampaikan bahwa pada minggu lalu telah dilakukan Berita Acara Pidana (BAP) terhadap Herry Jung, Rita Susana dan menantunya.

“KPK sudah mengambil BAP Hyundai, menantu Rita dan Rita sendiri. BAP Hyundai ditanya khusus soal perijinan PLTU 2 dan di BAP Minggu lalu,” jelas Dwi tanpa menjelaskan tepat hari apa minggu lalu tersebut.

Bahkan menurut Dwi, PT. Hyundai melalui Herry Jung dipanggil oleh Parlemen Korea.

“Saya kebetulan hadir saat Herry dihadapkan di Perlemen Korea,” terangnya.

Menurut Dwi, Mr. Jung, Rita dan menantunya MS merupakan satu paket kasus korupsi.

“Mereka telah di BAP tahun lalu. Menantu Rita (MS) mengakui jika perusahaan miliknya digunakan untuk menyembunyikan transaksi,” ungkap Dwi.

MS, menantu Rita ini mempunyai pula bisnis event organizer (EO). Namun seperti yang telah disebutkan diatas, Iing tidak mengakui keterlibatan MS dalam kasus korupsi Sunjaya. (Pgh/cc)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top