TNI AL Cirebon  Gelar Kemah Bhaktii Genta Bahari 2019
E satu.com  ( Cirebon) - Lanal Cirebon Gelar Kemah Bhakti Genta Bahari dan pelatihan bela Negara yang akan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 14 - 15 esenber 2019 Kegiatan ini secara serempak dilaksanakan di tiga tempat yang pertama adalah Ranai atau di natuna yang dilaksanakan oleh Lanal Ranai kemudian yang keduanya oleh Lanal Cirebon dan ketiga adalah oleh Lanal Banyuwangi secara serempak dilaksanakan bersama sama.

Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut Agung Nugroho, SE, M.Tr Hanla bertindak selaku Irup Pada Upacara Pembukaan Perkemahan Bakti Genta Bahari Pelatihan Bela Negara dan Kedisiplinan Pangkalan TNI AL Cirebon Tahun 2019 bertempat di Mako Lanal Cirebon Jl. Kesunean No. 33 Kota Cirebon di ikuti 176 Peserta kegiatan di laksanakan tanggal 14 – 15 Desember 2019.

Peserta berasal dari  SMKN 1 Mundu, SMK PUI Gegesik, SMK Abu Mansyur, SMKN 1 Gunung Jati, SMKN 1 Jamblang, SMK Plus Panguragan, SMK PGRI Palimanan, SMK Islamic Cadalah SMKN 1 Mundu, SMK PUI Gegesik, SMK Abu Mansyur, SMKN 1 Gunung Jati, SMKN 1 Jamblang, SMK Plus Panguragan, SMK PGRI Palimanan, SMK Islamic Center, SMA ITB Kramat Dukuh Puntang, SMAN 5 Kota Cirebon.enter, SMA ITB Kramat Dukuh Puntang, SMAN 5 Kota Cirebon.

Upacara Perkemahan Bakti Genta Bahari Pelatihan Bela Negara dan Kedispilan Pangkalan TNI AL Cirebon adalah Komandan Lanal Cirebon Letkol Laut Agung Nugroho, SE, M.Tr Hanla, Palaksa Lanal Cirebon Mayor Laut (KH) Jajat Hidayat, SH, MH, Perwira Staf Lanal Cirebon, Kodim 0614 / Kota Cirebon diwakili Danramil Lemahwungkuk Kapten Inf Irianto, Wadandenpom 3/III SWI Mayor CPM Bejo Sumaryanto, Yon C Brimob Polda Jabar diwakili Ipda Jaja, Polres Cirebon Kota diwakili Iptu Majid, Ditpolair Polda Jabar diwakili Ipda Yoyo, Prajurit Lanal Cirebon, Pembina masing masing.

Smentara itu Danlanal Cirebon Letkol Laut Agung Nugroho, SE, M.Tr Hanla mengatakan bahwa ,untuk Lanal Cirebon khususnya telah laksanakan dua kegiatan sebelumnya yang pertama pameran alutsista dan kedua adalah joy selling, hari ini perkemahan genta bakti bahari pelatihan bela Negara difokuskan kepada generasi muda khususnya pelajar terdiri dari pramuka saka bahari dari SMA dan SMK se cirebon dan sekitarnya kurang lebih 200 serta yang terlibat juga dibantu dari para pembina dan dari para pengasuh masing masing sekolah.

Tujuannya memberikan pemahaman kepada generasi muda bahwa mereka adalah aset ya aset negara juga harus mampu memberikan kontribusi dalam bidang bela negara sesuai dengan amanat undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara komponen cadangan dan komponen pendukung di mana komponen cadangan ini juga adalah generasi muda khususnya pramuka saka bahari yang akan kita berikan penyuluhan pengarahan tentang arti pentingnya bela negara bagi mereka.

Karena selama ini mungkin pemahaman masyarakat umum bela negara itu harus selalu memaafkan namanya mengangkat senjata bela negara itu harus selalu bergabung dengan militer tidak seperti itu, apapun yang bisa diberikan kontribusi positif yang bisa diberikan untuk kemajuan negara itu adalah salah satu bela negara.

kenapa generasi muda yang saya fokuskan untuk hari ini karena sifatnya adalah ya dan juga akan ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan baik itu pelatihan senam dasar, kemudian juga Penyuluhan tentang wawasan bela negara kemudian kegiatan-kegiatan yang positif lainnya sehingga mereka akan lebih membekas karena generasi muda ini adalah aset kita untuk pembangunan Bangsa Indonesia.

fokuskan wilayah pesisir sesuai dengan yang kemarin kami sampaikan bahwa angkatan laut punya tugas pemberdayaan wilayah pertahanan dan juga pembinaan potensi maritim, Sehingga kami lebih banyak membawa mengambil ataupun memberikan kesempatan pada generasi muda yang khusus yang berada di daerah pesisir di wilayah 3 dari perwakilan Indramayu juga ada kemudian juga Cirebon Kabupaten dan juga Kota Cirebon.

“Tujuan pelatihan adalah memberikan pemafaham pada generasi muda mereka adalah aset negara yang harus mampu berkontribusi bela negara. Selama dua hari ke depan, anggota pramuka Saka Bahari mendapatkan materi sesuai kebutuhan, wawasan nusantara kebangsaan, kepemimpinan apangan, kebaharian, dan kepramukaan di bawah bimbingan perwira Paspotmar Kapten Laut (S) Gilang Pradana Wicaksono,” jelasnya.( Naim) 

Post A Comment:

0 comments: