BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
Desa Liangjulang  Majalengka Terpilih Menjadi Lokasi Peluncuran Desa Tangguh Raharja
E satu.com  ( Majalengka) - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Majalengka meluncurkan program Desa Tangguh Raharja di Desa Liangjulang Kecamatan Kadipaten Kabupaten Majalengka, Rabu (26/6/2020).

Kegiatan ini diprakarsai Polri dan mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten Majalengka.

Tujuan pembentukan desa tangguh ini dalam upaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Majalengka.

Kegiatan dilanjutkan dengan beberapa peninjauan terhadap potensi Desa Tangguh Raharja yang berada di Desa Liangjulang.

Seperti, penanaman hidroponik, Budi daya ikan lele, perkembangbiakan hewan ternak dan lain-lain.

Bupati Majalengka H Karna Sobahi menuturkan ada empat komponen dibentuknya desa tangguh yakni tangguh secara jasmani dan rohani dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lalu tangguh secara sosial ekonomi yang dibuktikan dengan berbagai potensi yang dimiliki desa-desa. Selanjutnya tangguh secara keamanan, dimana partisipasi siskamling yang dilaksanakan di setiap desa.

"Terakhir tangguh secara kreasi dan inovasi. Kreatifitas dari masyarakat itu sendiri teraktualisasikan dalam rangka kemakmuran masyarakatnya," kata Karna usai

secara simbolis meresmikan kegiatan tersebut di GOR Desa Liangjulang.

Dia menyebutkan, bahwa saat ini merupakan momen yang tepat untuk masyarakat bangkit menghadapi situasi pandemi Covid-19.

Seluruh masyarakat tidak akan pernah lelah dalam menghadapi pandemi virus Corona ini.

Untuk itu, Kabupaten Majalengka sudah melakukan berbagai upaya agar masyarakat bersama-sama bergerak dan menjadikan upaya pencegahan virus Corona.

Desa Liangjulang  Majalengka Terpilih Menjadi Lokasi Peluncuran Desa Tangguh RaharjaIni menjadi gerakan masa yang luar biasa dengan menghadirkan aktivitas masyarakat yang gotong-royong, partisipatif membangun Majalengka yang sehat dan jauh dari virus corona.

"Ini ide brilian pembentukan Desa Tangguh saya sangat mengapresiasinya, "kata mantan Kepala Dinas Pendidikan Majalengka.

Kapolres Majalengka AKBP Bismo Teguh Prakoso mengatakan, dalam lingkup institusi Kepolisian Republik Indonesia, kegiatan ini berdasarkan atensi Kapolri, untuk membentuk Kampung Tangguh Nusantara harus disesuaikan dengan kearifan lokal daerahnya.

Sesuai kesepakatan yang disepakati bersama antara Forkopimda dan Bupati di pendopo beberapa waktu lalu, menghasilkan kesepakatan berupa 'Desa Tangguh Raharja'.

"Berdasarkan kearifan lokal tersebut diharapkan bisa menumbuhkan partisipasi semangat dan gotong-royong bersama," ujar Bismo

Acara launching ini dihadiri oleh Ketua DPRD, Wakil Bupati, Sekda, Kapolres, Dandim 0617 Majalengka, Danyonif Raider 321/GT, Danlanud S Sukani, Kajari, perwakilan Pengadilan Negeri Majalengka, unsur Muspika Kecamatan Kadipaten, Kepala Desa Liangjulang beserta para perangkat Desa, serta para tamu undangan lainnya.  ( Red)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top