BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
PC Fatayat NU gelar Seminar Kiat Sukses Pola Pengasuhan Ibu di Era New NormaE satu.com ( Majalengka ) - Di tengah era New Normal ini peran perempuan sangat penting, khususnya dalam mengawal pola asuh anak dalam mensukseskan Belajar Dari Rumah (BDR).

Demikian disampaikan Ketua PC Fatayat NU Kabupaten Majalengka, Hj. Upik Ropiqoh dalam Penyampaian materi Seminar Penguatan peran perempuan sebagai ibu dalam pengasuhan anak di era new nornal dalam mensukseskan Belajar Dari Rumah (BDR), yang digelar oleh Fatayat NU Kabupaten Majalengka pada Minggu  (26/07) di Ponpes Al Buchori, Garawangi, Sumberjaya, Majalengka.

"Kuncinya ada di kita para ibu dalam mengoptimalkan pendidikan dan pengasuhan anak selama di rumah", ungkapnya.

Saat ini, di era new normal dalam mensukseskan pendidikan anak, para ibu dituntut lebih kreatif, inovatif, menerapkan kiat-kiat khusus dan tentu harus memiliki ekstra kesabaran psikis yang tinggi.

"Melalui seminar ini, diharapkan para ibu penggiat Fatayat NU memiliki perspektif, cara dan pola asuh anak yang baru sehingga anak betul-betul bisa terbimbing dengan baik selama di rumah", papar Hj. Upik.

Nara sumber lain, Ibu Suzana M. Pd, Pembina arenting IAIN syekh Nurdjati Cirebon, menegaskan bahwa orang tua harus  memberikan tauladan yang baik bagi anak-anaknya, karena anak usia dini  adalah peniru yang ulung. Anak akan belajar melalui tahapan imitasi  yaitu meniru. Apa yang dilihat dan didengar anak akan ditiru oleh anak.  Jadi orang tua harus lebih berhati-hati dalam perilaku maupun perkataan. 

Oleh karena itu, menurutnya Parenting education adalah metode yang tepat bagi  orang tua dalam pembentukan karakter anak.

Parenting disini, menurut Dosen IAIN Syeck Nurjati Cirebon itu, bukan hanya  sekedar mengasuh anak, namun orang tua harus mendidik, membimbing dan melindungi setiap perkembangan anak.

"Manfaat yang diperoleh dari parenting education yaitu menambah wawasan dan pengetahuan orang tua dalam hal pengasuhan anak  sesuai dengan usia, karakter dan perkembangannya", paparnya

Sementara itu, Nara Sumber Seminar lainnya dari Anggota DPR RI FPKB, KH. Maman Imanulhaq menegaskan bahwa Perempuan dalam perannya sebagai ibu merupakan pendidik pertama dan Utama di dalam keluarga.

Karena itu di era new normal ini posisi perempuan ini sangat penting, khususnya dalam hal pengasuhan dan pendidikan anak selama di rumah.

"Peran-peran perempuan yang strategis ini harus terus didorong baik di Wilayah publik dalam peran-peran sosial, ekonomi, budaya, politik dll, maupun di wilayah domestik sebagai ibu yang tidak kalah pentingnya", tegas Pengasuh PP. Al-Mizan ini.

Ketua Program Pemberdayaan Perempuan PC Fatayat NU Majalengka, Yoyoh Badriyah, M.Pd. menyebutkan jika progam seminar kali ini adalah realisasi dari program bidang yg dipimpinnya.

"Mengingat di era pandemi, peserta seminar kali ini kita batasi. Panitia juga menerapkan protokoler kesehatan yang ketat seperti peserta wajib  bermasker, jaga jarak,  dan lain-lain", jelasnya.(red)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top