BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang
E satu.com ( Cirebon) - Liburan Natal dan Tahun Baru 2020/2021 akan datang dalam beberapa minggu ke depan. Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin bepergian menggunakan transportasi kereta api pada masa tersebut, PT KAI Daop 3 Cirebon kembali menyiagakan seluruh sarana, prasarana, dan SDM yang dimiliki untuk melayani masyarakat secara maksimal dengan tetap menitik beratkan pada penerapan protokol kesehatan bagi penumpang dan petugas serta faktor keselamatan, keamanan dan kelancaran perjalanan Kereta Api.
PT KAI menetapkan masa posko angkutan Natal dan tahun baru 2020/2021 mulai tanggal 18 Desember 2020 s.d 6 Januari 2021 atau selama 20 hari. Setiap hari, rata – rata ada 74 perjalanan KA penumpang jarak jauh yang melintas di Daop 3 selama masa itu. Memenuhi permintaan masyarakat yang akan bepergian merayakan libur Natal dan tahun baru, Daop 3 mengoperasikan KA Argo Cheribon dan Ranggajati tiap akhir pekan selama bulan Desember. Masyarakat dipersilahkan cek detail perjalanan KA di aplikasi KAI Acces. Tiket KA  pada masa Nataru 2020/2021 dapat dipesan melalui online, seperti aplikasi KAI Access, situs kai.id, dan lainnya. 


Mengantisipasi datangnya musim hujan yang bertepatan dengan masa Angkutan Natal dan tahun baru, PT KAI Daop 3 menugaskan 50 Petugas Pemeriksa jalur (PPJ) ekstra, dan 14 Petugas Penjaga Daerah Rawan ekstra yang akan disiagakan untuk mengamankan perjalanan KA di sepanjang lintas Daop 3 Cirebon. Daop 3 Cirebon juga menyiapkan AMUS atau Alat Material Untuk Siaga berupa batu balas/kricak, bantalan rel, pasir, dsb yang ditempatkan di 9 titik mulai dari Stasiun Pabuaran, Pegadenbaru, Telagasari, Jatibarang, Cirebon, Cirebon Prujakan, Luwung, Sindanglaut, Ciledug.

Dalam hal perlintasan sebidang PT KAI dengan tegas mengimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan untuk tetap mematuhi rambu-rambu di pelintasan sebidang. UU No 23 Tahun 2007 tentang Perkeretaapian dan UU No 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ) menyebutkan bahwa perjalanan KA mendapat prioritas di jalur yang bersinggungan dengan jalan raya. Daop 3 juga telah berkoordinasi dengan Kewilayahan di wilayah Daop 3 guna membantu kelancaran perjalanan KA di perlintasan sebidang karena volume pengguna jalan pasti akan meningkaat saat libur nanti.

Dari aspek sarana pada masa angkutan Natal dan tahun baru kali ini PT KAI Daop 3 Cirebon menyiapkan 12 unit lokomotif, 92 armada kereta, serta 1 unit crane. Semua sarana ini dalam kondisi siap operasi guna mendukung kelancaran perjalanan KA. 

Pelayanan kesehatan juga menjadi perhatian Daop 3, sebanyak 5 Pos kesehatan disiapkan di 5 Stasiun, Yaitu Stasiun Cirebon, Cirebon Prujakan, Arjawinangun, Jatibarang dan Stasiun Brebes dengan 1 paramedis dan dokter on call selama 24 jam. Pelayanan tes Rapid juga disediakan di Stasiun Cirebon dan Cirebon Prujakan mulai jam 08.00 sampai 18.00. 

PT KAI juga mengingatkan kepada seluruh calon penumpang KA untuk memastikan kembali jadwal perjalanan KA yang akan dipesan. “Pemesanan  tiket sudah kami buka bagi masyarakat yang hendak bepergian pada periode libur Natal dan Tahun Baru, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara disiplin,” ujar Manager Humas PT KAI Daop 3 Luqman Arif.

Rencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari menyesuaikan dengan hari libur dan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah. “Masyarakat tidak perlu ragu dalam menggunakan angkutan kereta api, karena KAI tetap mengoperasikan KA dengan menerapkan berbagai protokol kesehatan secara ketat dan disiplin pada setiap waktu sejak di stasiun dan diatas KA serta selama dalam perjalanan,” pungkas Luqman.( Pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top