E satu.com (Cirebon)
-  Perayaan imlek tahun 2572 dirayakan berbeda pada tahun-tahun sebelum, ya dampak dari pandemi covid-19 memang banyak merenggut keramaian dan uforia perayaan-perayaan hari besar, hal ini juga yang dialami oleh keturunan Tionghoa yang biasanya pada malam pergantian tahun baru imlek dan berkumpul dengan keluarga pada tahun sekarang tidak dirasakan lagi, akan tetapi hal itu tidak menyurutkan antusiasme umat Khonghucu yang ada di Lithang Talang atau yang biasa dikenal dengan Kelenteng Talang tempat beribadah umat Khonghucu yang ada di Jl. Talang No. 2 Lemahwungkuk Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Jumat (12-02-2021)

Hal itu dapat terlihat ditempat ibadah ataupun dari berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memeriahkan pergantian tahun imlek tahun 2572 di tahun 2021 M.

"Untuk perayaan imlek tahun sekarang hanya ritual sembahyang saja, itupun ada kemajuan dalam waktunya yang seharusnya jam 12 malam pada saat pergantian tahun diundur menjadi jam 10 malam, adapun perayaan yang lain dirayakan umat Khonghucu melalui vidio call dan cara yang lainnya tanpa mengurangi antusias dari umat Khonghucu itu sendiri" ungkap Bapak Yohanes (55) salah satu umat Khonghucu Klenteng Talang

Adapun makna yang terkandung dalam tahun kerbau logam yang sekarang yaitu unsur logam mewakili segala sesuatu yang gemerlap, dari perhiasan hingga jarum suntik.

Jadi, kita bisa melihat penekanan yang lebih besar pada industri yang terkait dengan logam pada tahun 2021.

Himbauan dari pemerintah untuk peringatan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti mencuci tangan, memakai masker, dan tetap menjaga jarak. Dan umat Khonghucu memperhatikan himbauan itu dalam acara ritualnya. (fer)

Post A Comment:

0 comments: