BPBD

camat

Pj Walikota Tangerang

E satu.com (Cirebon)
- Kabupaten Cirebon kembali memiliki Pasar Ikan, setelah Pasar Ikan Selo Pengantin di Desa Citemu Kecamatan Mundu Kabupaten Cirebon resmi dibuka, Kamis 1 April 2021. 

Pembukaan Pasar Ikan Selo Penganten ini, merupakan salah satu bentuk sinergitas yang terjalin, antara forum nelayan Kecamatan Mundu, Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Cirebon, serta Cirebon Power. 

Pasar ikan yang berada tepat di tepi Sungai Selo Penganten ini, menyediakan sekitar 20 lapak pedagang hasil laut. Mereka menjual berbagai hasil laut, seperti ikan, cumi, kerang, ataupun udang hasil tangkapan nelayan sekitar. 

Abdul Halim, Kepala Pasar Ikan Selo Penganten mengatakan, keberadaan pasar ikan ini diharapkan meningkatkan potensi laut yang dimiliki Kabupaten Cirebon, dan mendorong ekonomi masyarakat. 

Ia berharap, Pasar Ikan Selo Penganten ini  bisa menjadi primadona di wilayah pesisir Cirebon dan bisa meningkatkan perekonomian masyarakat. 


"Saya sangat berharap pasar ikan ini  membawa banhak manfaat bagi warga sekitar," kata Abdul Halim. 

Sementara Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah, Avip Suherdian menuturkan, pemerintah sangat mengapresiasi pembukaan Pasar Ikan Selo Penganten ini. 

Avip juga mengucapkan terima kasih kepada Cirebon Power, yang menginisiasi pembukaan pasar ini. Menurut Avip, langkah yang dilakukan oleh Cirebon Power sudah sangat tepat. 

"Yaitu ikut membuat program, untuk berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat," kata Avip. 

Avip juga mengungkapkan, emerintah Kabupaten Cirebon akan berupaya untuk mendukung dalam sarana atau prasarana. 

"Seperti jalan akses masuk, itu perlu diperbaiki," kata Avip. 

Sari, salah satu pedagang asal Desa Citemu Kecamatan Mundu mengaku senang dengan adanya pasar ikan ini. Karena menurut Sari, sebelumnya dia berjualan bersama orang tuanya di Pasar Cipeujeuh Kecamatan Lemahabang. 

Jarak yang ditempuh untuk menuju Pasar Cipeujeuh cukup jauh. Berbeda dengan Pasar Ikan Selo Pengantin yang baru dibuka ini hanya beberapa menit saja dari kediamannya. 

"Semoga saja pengunjungnya bisa lebih ramai lagi. Lebih enak di sini, tidak jauh," kata Sari. 

Hafid Saptandito, Community Development Manager Cirebon Power menuturkan, bahwa Pasar Ikan ini  merupakan salah satu program pemberdayaan ekonomi Cirebon Power, bekerjasama dengan Forum Nelayan dan instansi terkait lainnya. 

Pasar ikan ini akan dikelola secara profesional, sehingga membuat nyaman para pengunjung. Upaya tersebut ujar Hafid, akan dimulai dengan diselenggarakannya sejumlah pelatihan untuk para pedagang. 

" Ada pelatihan tentang higienitas dan standar kebersihan, serta pelatihan penunjang lainnya," kata Hafid. 

Selain itu, ia juga berharap pasar ikan ini, nantinya bisa berkembang menjadi Tempat Pelelangan Ikan. Sehingga nantinya memiiki cakupan yang lebih   besar lagi. 


Ia pun berencana, limbah dari pasar ikan ini akan dimanfaatkan untuk dijadikan biogas. Sehingga, selain pasarnya bisa membantu perekonomian masyarakat, lingkungannya juga tetap diperhatikan. 

"Limbahnya, akan dimanfaatkan untuk portable biogas," kata Hafid. (pgh)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top