E satu.com (Cirebon) -
Korem 063/SGJ pada bulan Juni TA. 2021 akan menggelar 2 perhelatan besar yang merupakan Program  Unggulan TNI AD di wilayah Kab. Kuningan yaitu Serbuan Teritorial dan TMMD Reguler 111 TA. 2021 Kodim 0615/Kuningan demikian yang disampaikan Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, pada saat  mengikuti vicon Rakornis TMMD Reguler 111 di Ruang Yudha Makorem 063/SGJ , Jalan Brigjend Darsono Bya Pass Kota Cirebon  Kamis kemarin , Jum’at(28/5/2021).

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P, menambahkan Kegiatan Serbuan Teritorial merupakan pengabdian berorentasi kepada kepentingan Nasional yang di wujudkan melalui  Serbuan Teritorial TNI guna membantu mengatasi kesulitan rakyat, Serbuan Teritorial TNI juga akan memantapkan kemanunggulan TNI dengan rakyat. Kegiatan Serbuan Teritorial di wilayah Kodim 0615/Kuningan tepatnya di Desa Datar Kec Cidahu Kab Kuningan (pembangunan jalan dan Rutilahu) dan Desa Cipedes Kec Ciniru ( pembangunan saluran air bersih) yang akan di buka pada tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juni 2021.

Dalam vicon yang dipimpin Brigjen TNI Toto Nurwanto, S.I.P, M.Si, Waaster Kasad Bidang Tahwil, Komsos dan Bakti TNI, yang mewakili Aster Kasad (Mayjen TNI Nurchahyanto) itu, selain para Dandim di tanah air, para pejabat Forkopimda juga mengikuti vicon di masing-masing daerah yang wilayahnya menjadi lokasi pelaksanaan TMMD Reguler- 111.

Pada kesempatan yang sama Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P menyampaikan Untuk di Korem 063/SGJ  sendiri, kali ini Kodim 0615/Kuningan menjadi pelaksana TMMD Reguler- 111 di Desa Jamberama dan Dusun Surian Desa Padahurip Kecamatan  Selajambe Kab. Kuningan, sehingga pejabat Forkopimda Kab. Kuningan  juga hadir. Vicon ini untuk menyamakan persepsi tentang berbagai program pemerintah yang dapat disinergikan melalui TMMD Reguler -111 yang akan dilaksanakan mulai 15 Juni hingga 14 Juli 2021 mendatang , TMMD yang mengambil tema wujud sinergi membangun negeri itu merupakan kegiatan lintas sektoral dengan melibatkan semua komponen bangsa dalam upaya membantu pemerintah daerah memeratakan pembangunan di desa tertinggal infrastruktur di daerah.

Komandan Korem 063/SGJ Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga K, S.A.P  menambahkan  TMMD Reguler juga dilaksanakan pembangunan non fisik untuk meningkatkan SDM masyarakat desa sasarannya, seperti edukasi kesadaran bela negara, kesehatan, pertanian, bahaya narkoba, paham radikalisme, kamtibmas, sampai dengan kesadaran pentingnya protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid-19. Karena itu, TMMD Reguler merupakan salah satu solusi bagi Pemda untuk menjawab aspirasi kebutuhan masyarakat saat ini. Dan TMMD pula merupakan wadah instansi lintas sektoral untuk bergotong-royong serta meningkatkan soliditas dalam pengabdian meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sambungnya mengulas penyampaian Waaster Kasad.

Berkaitan dengan publikasi/pemberitaan pelaksanaan TMMD Reguler -111 Kodim 0615/Kuningan melalui media massa, Danrem meminta agar segenap stakeholder di Kab. Kuningan  dapat mensupport setiap jengkal pelaksanaannya sehingga pembangunan infrastruktur, SDM, dan gotong-royongnya, agar diketahui juga khalayak umum baik lokal maupun nasional. Yang utama adalah bagaimana kemanunggalan TNI dengan rakyat dapat diketahui umum saat pelaksanaan TMMD itu sendiri. 

Sementara itu, saat vicon berlangsung, Dirjen Kesmas Kemenkes RI, drg. Kartini Rustandi, M.Kes menyampaikan bahwa, pihaknya (Kemenkes) bersinergi dengan TNI melalui TMMD untuk meningkatkan SDM masyarakat lebih berkualitas melalui pelayanan kesehatan dasar yaitu upaya promotif dan preventif kesehatan yang didukung inovasi dan pemanfaatan teknologi.

Disampaikan, pelayanan kesehatan dasar meliputi pelayanan kesehatan ibu dan anak, KB, kesehatan reproduksi, percepatan gizi masyarakat, pembudayaan gerakan masyarakat hidup sehat, pengendalian penyakit, penguatan sistem kesehatan dan pengawasan obat yang tentunya untuk menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta menurunkan stunting. Karenanya, melalui program TMMD ini Kemenkes ikut turut andil untuk lebih menyehatkan dan mensejahterakan sejahtera.

Puncak Rakornis ini juga dilakukan penyerahan hadiah kepada para pemenang Lomba Karya Jurnalistik TMMD Reguler ke-110 Tahun 2021, baik untuk kategori umum maupun Dansatgas TMMD. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top