E satu.com (Cirebon)
- Guna menyambut Lebaran Idul Fitri 1442 H, masyarakat Desa Astana Blok Sangurara RT 08 RW 02  Kecamatan Gunung jati kabupaten Cirebon, menghiasi jalan dengan lampu warna warni dari gapura dan saung kecil yang dihiasi lampu.Hal ini merupakan tradisi masyarakat desa Astana khususnya blok sangurara Mamat setiap Ramadhan dan Idul Fitri.
Selain itu , kegiatan ini juga merupakan bentuk kreativitas kekompakan warga juga para pemuda  desa Astana blok sangurara.

Berdasarkan informasi yang di himpun Awak Media E Satu Com, Senin ,(10/05/2021) para pemuda yang dinamakan pemuda sangurara mengawali dengan menghias area sekitar Desa Astana khususnya blok sangurara dan jalan lingkungan sekitar. Tokoh pemuda sangurara selain mamat, ada juga bang komar, kolid, awod dan juga bugis sebagai penggerak kegiatan tersebut. Mereka sering menjadi pelopor dalam kegiatan apapun di lingkungan kami 'ujar bugis salah satu pemuda pelopor penggerak kegiatan tersebut.


Mulai dari lampu hias berwana - warni , pemanfaatan kayu yang di cat dan di hias ada pula yang yang bertuliskan kata kata mutiara yang di pasang di saung kecil dan ada tempat duduk dan meja, selain itu juga berbagai jenis tanaman untuk menghiasi jalan dan gapura.
 
Bugis mengatakan " pelaksanaan kegiatan tersebut mengikuti jejak pemuda sebelumnya, yaitu pemuda sangurara, dan dana yang kami peroleh adalah dari patungan para pemuda dan sumbangan dari masyarakat. Tiap tiga hari sekali kami meminta ke rumah ke rumah masyarkat setempat. Khsusunya di blok sangurara RT 08 RW 02 nya saja.

Pelaksanaan pembuatan lampu hias berwarna warni dilaksanakan tiga hari menjelang hari raya idul Fitri kami memulai membuat kegiatan tersebut, dan dilaksanakan di jl blok sangurara, tepatnya di  gg sangurara.

Kami memasangnya di jl blok sangurara, dan kami lengkapi dengan benda benda klasik dan kapal kecil yang terbuat dari bambu, sehingga masyarakat yang kangen pada benda benda klasik dan karya kecil kami dapat menarik perhatian masyarakat "pungkasnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: