E satu.com  (Cirebon)
.- Pemerintah Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, memperingati Hari Lansia Nasional di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Waled, Rabu (2/6/2021). Dalam peringatan tersebut, pemerintah memberikan vaksin kepada kelompok masyarakat tersebut.

Wakil Bupati Cirebon, Hj.Wahyu Tjiptaningsih, SE.,M.Si mengatakan, vaksin tersebut diberikan sebagai tanda penghormatan dan perlindungan kepada lansia. Menurutnya, kelompok itu sangat rentan tertular covid-19.

“Sebagai simbolis, tadi disuntikkan vaksin kepada mantan direktur utama RSUD Waled yang saat ini sudah berusia 80 tahun. Alhamdulillah, dalam kondisi sehat,” kata Wakil Bupati Cirebon.

Adanya vaksin tersebut, diharapkan para masyarakat lansia dalam kondisi sehat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dan menjaga asupan makanan.


Wakil bupati yang akrab disapa Ayu ini mengatakan, jumlah lansia di Kabupaten Cirebon saat ini sebanyak 158.605. Namun, yang sudah mendapatkan vaksin Covid-19 baru 5.256 saja.

Hal tersebut terjadi karena, adanya keterlambatan distribusi vaksin dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan keterbatasan fisik lansia untuk mendatangi fasilitas kesehatan penyedia vaksin.

“Kami gandeng para pengendara ojol, masing-masing membawa dua orang lansia untuk diantarkan ke tempat vaksinasi. Diharapkan, bisa mempercepat,” katanya.

Direktur Umum RSUD Waled, dr.H. Budi Setiawan Soenjaya, MM mengatakan, 29 mei lalu Indonesia memperingati Hari Lansia ke-21. Vaksinasi ini merupakan perhatian dari kepada lansia atau bakti kasih anak kepada orangtua.

Masyarakat kelompok lainnya, menurut Budi, harus mendukung para lansia tetap sehat dan tidak terlular covid-19. Salah satu cara yang bisa dilakukan dengan cara disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Vaksin ini untuk menurunkan angka kematian, lansia harus tetap produktif dan tidak menjadi beban,” katanya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: