E satu.com (Cirebon)
- UPTD Puskesmas Pangkalan ,Kabupaten Cirebon laksanakan vaksinasi bagi warga lanjut usia (Lansia) tahap pertama yang berlangsung di aula kantor balai Desa Cangkring Kecamatan Plered Kabupaten Cirebon dan memakai protokol kesehatan.

Sementara itu Hj. Sofiah Sst.MH Kepala Puskesmas Pangkalan ketika ditemui Awak Media E satu.com disela-sela kegiatan menjelaskan,  bahwa Untuk vaksinasi covid-19 saat ini untuk kelompok lansia dan ini adalah putaran ketiga, jadi yang pertama di Desa Pangkalan,Sarabau dan Desa Cangkring ,selanjutnya di Desa Gamel diwilayah kecamatan Plered kabupaten Cirebon.

 "Sasaran vaksinasi tersebut  untuk para lansia ,untuk putaran pertama tokoh masyarakat atau pelayanan publik seperti para guru atau PNS ,dan  perangkat Desa .

Dengan sasaran target 342 perdesa tetapi tergantung jumlah penduduknya jadi berbeda-beda  target di setiap desanya."ucapnya.


Alasannya sebenarnya kalau vaksinasi untuk meningkatkan imunitas ,jadi sebenarnya vaksin tersebut untuk segala golongan umur tapi karena vaksinnya masih belum tersedia mencukupi sejumlah semua sasaran sehingga  orang-orang tertentu dulu yang di dahulukan ,contohnya seperti pelayanan publik ,dan yang kedua yaitu golongan lansia karena resikonya tinggi seperti daya tubuhnya tidak seperti golongan muda lagi."Jelasnya.

Himbaunya untuk imunisasi ini salah satu cara ikhtiar untuk meningkatkan imunitas tubuh seseorang tetapi tidak menjamin bahwa orang yang sudah di vaksin pasti tidak akan tertular penyakit Covid itu,sehingga protokol kesehatannya tetap harus di laksanakan ,jadi tetap memakai masker,mencuci tangan dan menjaga jarak, tegasnya.

Sofiyah berharap dengan usaha ini tetap memakan waktu,tenaga yang banyak sekali dan semoga bermanfaat untuk kita semua sehingga biaa meningkatkan kondisi kesehatan masyarakat kita di sini biar nanti covid bisa berlalu ,biar kembali normal .

Nanti dengan berjalannya waktu masyarakat akan kelihatan dan merasakan manfaat atau tidaknya," tandasnya.

Sementara Kuwu Desa Cangkring ,Kecamatan Plered ,Kabupaten Cirebon ,Subari menyampaikan pelaksanaan vaksinasi covid-19 untuk warga lansia dilingkungan wilayah desa Cangkring, Alhamdulillah 100 lansia sudah disuntik vaksin " keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan dan kerjasama semua pihak baik perangkat desa, BPD, lembaga desa, tokoh agama, tokoh masyarakat, RT, RW, kader dan bidan desa  bahwa saya sangat berterima kasih sekali kepada Puskesmas Pangkalan yang telah melasanakan kegiatan vaksinasi lansia di desa kami ,semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat kami dan bisa terhindar dari penyakit covid-19 ini" ucapnya pada wartawan E satu.com, kamis (3/6/21).

Vaksinasi covid-19 termasuk untuk para lansia merupakan bagian dari ikhtiar untuk mempercepat berakhirnya pandemi covid-19 khususnya di kabupaten Cirebon.

Lanjut kuwu desa Cangkring, paling penting masyarakat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan covid-19 oleh karena itu melalui Awak Media E satu.com ini, meminta seluruh warga khususnya dilingkungan wilayah desa Cangkring untuk mematuhi dan mentaati protokol kesehatan karena dengan semakin banyak warga yang disiplin dalam penerapan protokol kesehatan maka Insya Allah penanganan dan pencegahan covid-19 termasuk salah satunya dengan vaksinasi maka penularan virus covid-19 bisa dikurangi dan akan cepat pencapaian terputusnya mata rantai virus covid-19," tandasnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments: