AKB


E satu.com (Cirebon)
- DRPD Kota Cirebon kembali menggelar One Day With Citizens (ODWC) atau sehari bersama masyarakat di ruang Griya Sawala gedung DPRD, Kamis (18/11/2021).

Kegiatan tersebut difokuskan untuk menyamakan persepsi antara legislatif dan eksekutif dalam merealisasikan aspirasi masyarakat melalui pokok-pokok pikiran anggota DPRD tahun 2022.

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati Spd mengatakan, berdasarkan UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah disebutkan bahwa kewajiban anggota DPRD adalah menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi maupun pengaduan masyarakat. Di antaranya, melalui penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD yang harus disampaikan sebelum penyusunan RKPD

Affiati menjelaskan, pokok-pokok pikiran DPRD yang dihimpun berupa kajian permasalahan pembangunan daerah dari risalah rapat dengar pendapat dan penyerapan aspirasi melalui masa reses anggota DPRD.

“Melalui kegiatan ini diharapkan ada satu langkah positif untuk meningkatkan koordinasi yang memberikan pencerahan dalam upaya membangun Kota Cirebon, melalui aspirasi yang datang dari masyarakat yang selanjutnya kami sampaikan dalam bentuk pokok-pokok pikiran DPRD,” katanya saat memberikan sambutan.

Affiati mengatakan, pada tanggal 14 hingga 19 Oktober lalu, DPRD Kota Cirebon melaksanakan reses masa persidangan III tahun 2021. Seperti biasa, pelaksanaan reses anggota DPRD dilakukan sesuai daerah pemilihan (dapil) masing-masing. Yaitu, dapil 1 meliputi wilayah Kecamatan Kejaksan dan Lemahwungkuk. Dapil 2 meliputi Kecamatan Harjamukti dan Dapil 3 yaitu wilayah Kecamatan Kesambi dan Pekalipan.

Sesuai aturan perundang-undangan, kegiatan reses anggota DPRD dimaksudkan mengunjungi konstituen anggota DPRD di dapil masing-masing. Tujuannya untuk menyerap aspirasi masyarakat, serta memantau pelaksanaan pembangunan.

Di samping itu, kegiatan reses juga sebagai masa pertanggungjawaban secara moral dan politis anggota DPRD kepada pemilih, serta sebagai ruang untuk menyosialisasikan produk hukum yang dihasilkan oleh DPRD.

Sementara itu, mewakil jajaran eksekutif Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Cirebon, Iing Daiman SIP MSi menyampaikan, nelalui kegiatan One Day With Citizens diharapkan adanya satu kerangka berpikir yang sama dalam hal penyusunan dan perencanaan APBD ke depan lebih baik.

“Intinya, hari ini mengadakan rakor dengan anggota DPRD. Maksudnya menyamakan kesamaan persepsi dan penganggaran. Upaya agar penganggaran lebih komprehensif dan mengakomodir semua pihak,” katanya.

Iing menjelaskan, sedikitnya ada tiga pembangunan daerah yang masuk melalui Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Yaitu, rencana kerja, musrenbang dan jalur pokir. Pertemuan ini lebih fokus pada evaluasi pokir anggota DPRD.

“Aspirasi masyarakat melalui pokir pada tahun lalu, kurang maksimal. Melalui acara ini, maka kami menyamakan mindset dan mindframe agar adanya kesepahaman bersama, agar pokir bisa dicover dan diakomodir,” tuturnya. (pgh)

Post A Comment:

0 comments: