AKB


E satu.com (Cirebon) -
Menjaga sinergitas antara eksekutif dan legislatif, DPRD Kota Cirebon menginisiasi kegiatan Satu Hari Bersama Masyarakat atau One Day With Citizen, di ruang Griya Sawala gedung DPRD, Rabu (22/12/2021).

Ketua DPRD Kota Cirebon, Affiati SPd menyampaikan, kegiatan yang dikemas secara santai itu mempertemukan antar unsur penyelenggara pemerintahan di Kota Cirebon.

Affiati menjelaskan, pada UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah disebutkan bahwa penyelenggaraan urusan pemerintahan daerah dilaksanakan oleh pemerintah daerah dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah.

Dengan demikian, DPRD punya kedudukan sama dengan pemerintah daerah dalam menjalankan program pembangunan dan menetapkan kebijakan daerah.

“Sebagai unsur atau bagian penyelenggara pemerintahan daerah, DPRD mendukung kebijakan daerah berupa visi, misi daerah yang sudah ditetapkan dalam produk hukum bersama,” tutur Affiati.

Mewakili walikota Cirebon, Wakil Wali Kota Cirebon, Dra Hj Eti Herawati menyampaikan, kegiatan evaluasi kegiatan 2021 dan penyampaian rencana kerja tahun 2022 ini merupakan upaya mengukur secara bertahap mengenai realisasi berbagai program yang sudah dilaksanakan. Termasuk merencanakan kegiatan di tahun berikutnya.

“One day with citizen ini tentu saja, DPRD dan pemerintah daerah punya tugas yang sama, yaitu terwujudnya Kota Cirebon yang maju dan masyarakatnya sejahtera,” ujarnya saat menyampaikan sambutan.

Eti menambahkan, pembangunan daerah merupakan salah satu pilar keberhasilan pembangunan nasional. Maka dari itu, keselarasan pembangunan nasional diawali dari terciptanya sinergitas dan harmoni antara pemerintah daerah dan DPRD dalam melaksanakan setiap program pembangunan di Kota Cirebon.



Kegiatan yang mempertemukan seluruh jajaran pemerintahan ini, menurut Eti, menjadi bagian dari upaya menjaga komunikasi dan sinergi dalam mewujudkan kebijakan pembangunan yang berorientasi pada kesejahteraan masyarakat.

“Melalui kegiatan one day with citizen ini, saya berharap akan muncul berbagai aspirasi dan solusi untuk menghadapi berbagai tantangan yang sedang dan akan dihadapi oleh Kota Cirebon,” katanya. (pgh)

Post A Comment:

0 comments: