E satu.com (Indramayu)
- Komitmen untuk mewujudkan Lebu Digital (Le-Dig)/Desa Digital di semua desa yang ada di Kecamatan Kedokanbunder pada tahun 2022 ini menunjukan progres yang signifikan. Setelah Desa Cangkingan, kini Desa Jayalaksana siap menjadi Desa Digital berikutnya dengan menjalankan salah satu program unggulan Pemkab Indramayu yakni Lebu Digital (Le-Dig).

Kesiapan Desa Jayalaksana menuju Desa Digital terungkap saat menerima kunjungan Camat Kedokanbunder Atang Suwandi, Selasa (8/3/2022).

Atang menjelaskan, Lebu Digital (Le-Dig) merupakan satu dari 10 program unggulan Pemkab Indramayu dibawah kepemimpinan Bupati Indramayu Nina Agustina. Dengan Le-Dig desa-desa di Kecamatan Kedokanbunder bertransformasi menggunakan teknologi baik dalam pelayanan kepada masyarakat (publik) maupun dalam penyelenggaraan pemerintahan di desanya.

Dengan jumlah 7 desa di Kecamatan Kedokanbunder, pihaknya menargetkan pada tahun 2022 ini bisa menerapkan program Le-Dig di semua desa. Sebagai langkah awal, semua desa harus membuat website desa sebagai sarana publikasi, interaksi maupun penyajian data dinamis dan statis serta menjadi media layanan mandiri bagi masyarakat.

Atang menambahkan, setelah Desa Cangkingan yang terlebih dahulu menjadi Desa Digital dan sudah menjadi percontohan nasional, kini Desa Jayalaksana bersiap untuk mewujudkan Le-Dig.

"Alhamdulillah Desa Jayalaksana sudah mempunya website dan saat ini mulai dilakukan input data secara bertahap," tegas Atang.

Selanjutnya, jika semua sudah siap maka Desa Jayalaksana harus melakukan perjanjian kerjasama dengan berbagai pihak terutama dengan perangkat daerah yang memiliki data yang bisa dijadikan sebagai akses dalam pengoperasian website tersebut.

"Salah satunya Desa Jayalaksana harus melakukan kerjasama dengan Discapil agar akses kependudukan warganya bisa dibuka oleh admin," kata Atang.

Dengan menerapkan Lebu Digital merupakan langkah dan komitmen bersama untuk mewujudkan Desa Jayalaksana Bersatu, Kedokanbunder Hebat, dan Indramayu Bermartabat.

Sementara itu Kuwu Jayalaksana, Warno mengatakan, pihaknya menginginkan perubahan yang signifikan di desanya. Dengan menerapkan Lebu Digital diyakini akan semakin mempermudah dalam memberikan layanan kepada masyarakatnya.

"Saya ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat saya. Dengan menerapkan Le-Dig Desa Jayalaksana siap bersinergi dengan berbagai pihak lainnya," kata Kuwu Warno. (Iwan)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top