E satu.com (Cirebon) - Peleton siaga SAR Kompi 2 Batalyon C Pelopor yang  selalu disiagakan di Mako Batalyon C Pelopor Talun, selalu siap siaga dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam khususnya banjir memasuki musim penghujan yang terjadi saat ini di wilayah Kabupaten Cirebon. Kegiatan yang dipimpin oleh Bripka Kamarudin dan beberapa personil lainnya pada kegiatannya hari ini, Minggu (07/03/2022) mengecek ketinggian, debit, dan juga arus air sungai tepatnya di aliran Sungai Cipager dimana sungai ini mengalir di beberapa desa yang ada di wilayah Kec. Talun ,Kabupaten Cirebon. "Kegiatan yang dilaksanakan ini salah satu respon cepat dengan situasi, setelah terjadinya hujan lebat dengan intensitas yang cukup panjang dini hari tadi, untuk itu tim siaga SAR turun langsung guna mengecek kondisi dan situasi di lapangan apakah terjadi peningkatan debit air atau tidak", ucap Bripka Kamarudin.

Saat ditemui Bripka Kamarudin menyampaikan bahwa, "untuk hasil pengecekan pada kegiatan patroli SAR yang hari ini  dilaksanakan untuk kondisi arus dan debit air di Sungai Cipager saat ini masih dalam batas normal dan masih bisa dikatakan aman, tidak adanya tumpukan sampah di sekitaran sungai membuat aliran air dapat mengalir dengan lancar, sehingga tidak menyebabkan hambatan yang bisa menyebabkan air yang meluap ke permukaan", jelas Bripka Kamarudin.

Dengan situasi dan kondisi cuaca saat ini, potensi bencana tentunya bisa terjadi kapan saja mengingat tingginya curah hujan di beberapa wilayah. Selain kegiatan pengecekan arus serta debit air, dalam kegiatan patroli yang dilaksanakannya para personil juga akan mengunjungi warga yang tinggal di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) guna memberikan sosialisasi untuk selalu waspada dan siaga dengan cuaca extrem yang terjadi saat ini. Sehingga segala potensi bencana kapan saja bisa terjadi di tengah situasi seperti saat ini. 

"Komandan Satuan Brimob Polda Jabar Kombes Pol Yuri Karsono S.IK, saat dikonfirmasi melalui Danyon C Pelopor Kompol Bagus Amrulloh N.I., S.Farm.Apt., S.IK menyampaikan bahwa kegiatan patroli SAR yang dilakukan jajarannya dalam melaksanakan pengecekan debit, arus dan ketinggian air patut di apresiasi, dengan kegiatan tersebut nantinya jajarannya bisa memetakan di daerah mana saja yang potensi bencananya besar sehingga dapat cepat direspon dengan mendirikan tenda siaga SAR sehingga cepat dalam penanganannya", ungkap Bagus.


Personil Brimob Polda Jabar akan terus memantau dan menyiagakan para personilnya guna memantau perkembangan potensi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di seluruh wilayah Jawa Barat ini. Ini adalah bentuk pelayanan prima dan kesiapsiagaan dan kepedulian Korps Brimob Polri untuk keselamatan seluruh warga masyarakat. Sesuai dengan motto Korps Brimob Polri "Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan" pungkasnya.(wnd)

Post A Comment:

0 comments:

AKB

Back To Top