AKB


E satu.com (Cirebon )
- melestarikan dan menjaga adat budaya mungkin tidak berlebihan seandainya itu di lakukan pada keluarga sebelum lebih luas lagi.

Laskar Macan Ali sebagai penjaga yang melestarikan budaya dan adat istiadat tentunya tetap pula menjaga tradisi leluhur dalam menyambut kedatangan sang jabang bayi yang di laksanakan oleh keluarga Panglima Tiunggi Macan Ali Prabu diaz sebagai upaya dalam melestarikan adat budaya yang banyak mengandung Filosofi dalam mensyukuri atas kehamilan yang menginjak empat bulan.

Panglima Tinggi Laskar Macan ali melaksanakan tradisi kupatan sebagai syukuran atas hamilnya sang menantu Lisna Eka safitritri istri dari Raden Rizki Mediandra ,Sabtu( 11/06/22)

Prabu Dias Panglima Tinggi Laskar macan Ali meyakini bahwa tradisi kupatan akan mendatangkan berkah bagi kehidupan mereka. Melalui tradisi inilah mereka memberikan sedekah harta berupa makanan kepada Tetangga dan kerabat yang datang dan akan di jamu dengan kupat dan opor ayam . Sebagaimana diakui oleh Prabu Dias   "Kita memberikan hidangan kupat kepada para tamu. Kalau kita memberi ke orang lain insyaalloh rejeki kita bisa makin banyak."

 Pemahaman warga tentang konsep sedekah ini kemungkinan berasal dari peran pendahulu kita, Melalui tradisi kupatan ini masyarakat mengerti nilai-nilai luhur yang terkandung dalamnya. Selain itu, warga juga meyakini bahwa melalui sedekah yang dipraktikkan dalam bentuk tradisi kupatan, akan menjadikan mereka berumur panjang. sebagaimana disampaikan oleh Prabu Dias , bahwa Orang yang saling bersilaturahmi itu akan dipanjangkan umurnya oleh Gusti AllahSWT.

Bahkan ajaran Islam sendiri memberikan catatan akan pentingnya menjaga tali silaturahmi, dan memberikan penegasan (ancaman) bagi siapa saja yang memutuskan tali silaturahmi kepada sesamanya.  Sedekah Hadis Imam Bukhari dalam Shahih Bukhari menyatakan bahwa Tidak ada hari dimana hamba-hamba Allah berada di waktu pagi melainkan ada dua malaikat yang turun, dimana salah satu di antara keduanya berdo a: Wahai Allah, berikanlah ganti kepada orang yang suka berinfaq. Dan malaikat lain berdo a: Wahai Allah binasakanlah orang yang kikir. Hadith juga bisa dirujuk sebagai dasar bagi masyarakat n dalam mempraktikkan tradisi open house saat acara kupatan. Sehingga, meski tamu yang berkunjung ke rumahnya sangat banyak, tidak lantas membuat mereka terbebani. Justru, semakin banyak tamu yang berkunjung ke rumah mereka untuk menikmati hidangan kupat, diyakini akan semakin banyak pula berkah yang mereka. (iwan)

Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top