AKB



E satu.com (Cirebon)
- Memasuki perubahan musim kemarau ke musim penghujan yang sudah terjadi dalam beberapa hari terakhir ini, kita ketahui bersama hujan dengan intensitas tinggi sering kali terjadi di beberapa wilayah Ciayumajakuning. Bahkan di beberapa  wilayah seperti di Kabupaten Kuningan yang sempat terjadi banjir yang merendam rumah - rumah penduduk sore hari kemarin masih menimbulkan genangan air tampak di beberapa area di Desa Cibingbin Kabupaten Kuningan.

Dengan situasi dan juga kondisi yang terjadi saat ini Jajaran personil Kompi 4 Batalyon C Pelopor Brimob Polda Jabar yang disiagakan laksanakan kegiatan pengecekan debit air, arus dan juga ketinggian air di Sungai Cipager, tepatnya di Pintu Air Sungai Cipager Kecamatan Talun Kab. Cirebon pada siang hari ini, Senin (10/10/2022).

Bharatu Rizal Bachtiar  siaga SAR menyampaikan bahwa, "para personil melaksanakan kegiatan pengecekan guna memastikan bahwa Kota Cirebon yang termasuk dataran rendah dan bagian dari beberapa muara sungai yang ada di wilayah 3 Cirebon ini kondisi airnya sedikit mengalami peningkatan di beberapa pintu air akan tetapi masih dalam katagori aman", jelasnya 

Bharatu Rizal Bachtiar menambahkan, akan terus memantau ketinggian air dan juga arus air yang kebetulan letak sungai ini berada di antara pemukiman padat penduduk warga masyarakat. Sehingga otomatis apabila air meluap akibat tingginya curah hujan yang terjadi akan langsung masuk ke pemukiman warga yang letaknya lebih rendah dari posisi sungai. Seperti halnya hujan deras yang mengguyur wilayah Kab. Cirebon dini hari tadi menyebabkan terjadinya luapan.

"Komandan Kompi (Danki) 4 Brimob Polda Jabar AKP Taryat, SE,. MH  menyampaikan bahwa kegiatan patroli siaga SAR yang dilaksanakan oleh jajarannya ke beberapa sungai adalah sebagai langkah antisipasi dan juga bentuk kesiapsiagaan kemungkinan terjadinya bencana banjir yang setiap daerah tentunya potensinya berbeda. Jajarannya akan tetap mengantisipasi dengan terus melaksanakan kegiatan patroli SAR ini", ucap Taryat.


Jajaran Brimob Jabar akan terus dan tetap melaksanakan berbagai kegiatan patroli baik dalam upaya pencegahan patroli siaga SAR seperti yang dilakukan saat ini guna mengantisipasi potensi bencana alam yang ada. Ini merupakan bentuk kesiapan satuan dan juga bentuk kepedulian Satuan Brimob Polda Jabar akan keselamatan setiap warga masyarakat. "Banyaknya tumpukan sampah dan juga tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah sehingga kebiasaan membuang sampah di sungai masih dilakukan oleh beberapa warga masyarakat di sepanjang aliran sungai. Inilah yang tentunya menambah potensi banjir selain tingginya intensitas hujan yang terjadi di beberapa wilayah," pungkasnya. (wnd)
Baca Juga

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top