AKB


E satu.com (Cirebon) - Tradisi hajat bumi merupakan sebuah tradisi leluhur yang di wariskan secara turun temurun dari generasi ke generasi. Tradisi hajat bumi dilakukan setahun sekali sebagai perekat hubungan sosial warga masyarakat Desa Pesanggrahan, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon.

Warga masyarakat Desa pesanggrahan dengan cara rasa syukurnya, setahun sekali menyelenggarakan wayang kulit, selain untuk melestarikan budaya Cirebon kepada masyarakat dan juga mengucapkan rasa syukurnya terhadap Tuhan Yang Maha Esa atas hasil bumi yang di dapatkan masyarakat selama setahun sekali.

Acara hajat bumi yang di selenggarakan oleh pemerintah Desa  pesanggrahan didukung oleh warga masyarakat pesanggrahan tersebut di isi dengan kesenian wayang kulit. Acara tersebut digelar dengan harapan bisa menghibur warga masyarakat Desa pesanggrahan 


Acara kesenian wayang kulit yang di selenggarakan oleh pemerintah Desa pesanggrahan tersebut berlangsung di balai desa setempat dengan dalang nya bernama Anung dan nama sindennya Ugi. Acara hajat bumi tersebut berjalan dengan lancar dan sukses. 

Dihadiri malam acara berlangsung kuwu wasa dan ketua BPD dan tokoh masyarakat maupun tokoh ulama setempat yaitu Darto dan Naib. (Heri)

Post A Comment:

0 comments:

Back To Top